Entertainment

Diawali All-Kill IU, Inilah Deretan Comeback K-Pop Ciamik Sepanjang November

Delima Pangaribuan

Posted on November 2nd 2019

Bulan November memasuki musim hujan di Indonesia dan musim dingin di Korea sana. Tapi, jangan sampai kamu ngelewatin deretan comeback K-Pop yang dijamin bakal menghangatkan cuaca dan hatimu yang dingin.

1 November: IU dan Jessi ft. Jay Park

IU (foto:Soompi)

Parade comeback bulan ini dimulai oleh solois kesayangan kita IU dengan single berjudul "Love Poem". Lagu ballad yang mengisahkan tentang persahabatan ini diyakini ditulis IU untuk mengenang salah satu sahabatnya yang baru saja meninggal, Sulli.

Baru dirilis, lagu ini sudah merajai chart musik KPop di hari pertamanya. Melansir Soompi, lagu baru IU ini dapat gelar "all-kill" alias meraih peringkat pertama di berbagai chart. Antara lain Melon, Genie, Soribada, Bugs, Flo, dan iChart. "Love Poem" sendiri merupakan single pre-release yang akan disusul dengan album barunya dengan judul sama.

Bersamaan dengan IU, rapper Jessi dan solois Jay Park merilis lagu kolaborasi mereka yang berjudul "Drip".


2 November: Jeongmin eks Boyfriend

Jeongmin (foto:Soompi)

Hari ini, mantan personel grup Boyfriend, Jeongmin, merilils single keduanya yang berjudul "Why?". Jeongmin sendiri dikenal sebagai vokalis utama di grup asuhan Starship itu sebelum mereka bubar pada Mei 2019. Sebelumnya, Jeongmin sudah pernah merilis single pertama sebagai solois berjudul "Small But Certain Happiness" nggak lama setelah bandnya bubar.


3 November: Hinapia dan Woohyun Infinite

Hinapia (foto:Soompi)

Empat mantan personel PRISTIN yang bubar pertengahan 2019 ini memutuskan nggak perlu lama-lama hiatus. Mereka berempat, antara lain Eunwoo, Minkyung, Kyungwon, dan Yebin kembali dalam grup baru bernama 'Hinapia'. Bersama satu member wajah baru, Bada, Hinapia bakal merilis single pertama mereka berjudul "Drip". Eh, sama kayak lagunya Jessi ft. Jay Park. Lagu ini sendiri udah sempat dibawain sama Hinapia di Show Champion 30 Oktober kemarin.

Di hari yang sama, member Infinite, Nam Woohyun, merilis single barunya berjudul "When Fall Comes". Meskipun dia sendiri masih menjalani wamil saat ini.


4 November: GOT7, VICTON, Lee Jin Hyuk, dan B.I.G.

GOT7 (foto:Viki)

Rombongan, boyband-boyband kece ini memutuskan untuk comeback di hari yang sama. GOT7 kembali dengan mini album kesepuluh berjudul "Call My Name". Lagu utamanya sendiri bertajuk "You Calling My Name". Mini album juga dikeluarkan grup VICTON berjudul "Nostalgia". Hampir mirip sama nama albumnya, mereka memilih "Nostalgic Night" sebagai lagu utama.

Salah satu member UP10TION yang juga jebolan PRODUCE X 101, Lee Jinhyuk, melebarkan sayap dengan solo karier. Ia akan merilis mini album pertamanya, "SOL", dengan lagu andalan "I Like That". Terakhir, ada boyband debutan 2014 B.I.G yang merilis single "Illusion".


5 November: HyunA, DAWN, dan BVNDIT

DAWN a.k.a Hyojong (foto:Soompi)

Kalau kamu pacaran, contohlah HyunA dan DAWN ini. Nggak bucin-bucinan, tapi ngeluarin karya barengan, hehehe. HyunA berencana merilis lagu berjudul "Flower Shower" hari itu. Nggak mau ketinggalan, DAWN alias Hyojong juga mengeluarkan single "Money". Apakah dua lagu ini berkaitan? Kita tunggu aja.

Dan satu lagi, grup BVNDIT juga comeback tanggal ini dengan mini album berjulud "BE!", dan lagu andalannya "Dumb".


8 November: Zico dan Ravi VIXX

Ravi VIXX (foto:Soompi)

Rapper Zico bakal kembali memanjakan telinga penikmat musiknya dengan half-album "THINKING Part 2". Sebelumnya, setengah bagian albumnya sudah dirilis pada 30 September 2019 lalu. 

Dengan konsep yang hampir sama, salah satu member VIXX, yakni Ravi, juga merilis extended play-nya "Limitless Part 1". Ravi berencana merilis bagian kedua extended play-nya ini nggak lama-lama kok, yakni pada 22 November mendatang.


11 November: IZ*ONE

IZ*ONE (foto:Soompi)

Setelah lebih dari setahun debut, grup jebolan survival show Produce 48 ini bakal mengeluarkan full album pertama mereka berjudul "BLOOM*IZ*. Album ini rencananya bakal dikeluarkan dalam tiga versi, yakni versi "I Was", "I Am", dan "I Will". Nah lho, Wizone kudu rogoh kocek lebih kalau mau koleksi albumnya.


19 November: WJSN, Davichi, dan CIX

Teaser WJSN (foto:Soompi)

Dengan sepuluh member yang masih aktif, WJSN bakal merilis mini album mereka yang berjudul "As You Wish". Lalu, duo legendaris Davichi akan kembali menyapa penggemar mereka dengan lagu baru. Eh, tapi judulnya masih belum dibocorin nih. Dan boyband CIX akan melakukan comeback pertama setelah debut dengan mini album "HELLO Chapter 1: Hello, Strange Place".


27 November: EXO

EXO (foto:Allkpop)

Terakhir, grup asuhan SM Entertainment ini bakal memanjakan (dan menguras dompet) EXO-L dengan full album keenam mereka "Obsession". Siap-siap terobsesi sama single barunya yang pasti nagih. Psst... ini juga bakal jadi comeback pertama mereka dengan logo baru yang udah dibocorin SM tanggal 1 November kemarin. Jeng jeng jeng, welcome to the new EXO era!


TBA: Lain-lain

MAMAMOO (foto:Soompi)

Masih ada sederet artis yang mengumumkan bakal comeback meski tanggalnya belum dikasih tahu. Antara lain MAMAMOO, AOA, ASTRO, Amber, Crush, Eric Nam, Jiyeon T-Ara, dan Rainbow. Mana nih comeback yang paling kamu tunggu? (*)


Related Articles
Korea
Drastisnya Perbedaan Gaya Rambut 10 Idol KPop Saat Debut dan Sekarang

Korea
Deretan Artis K-Pop Generasi Kedua yang Comeback, Siapa Saja Ya?

Korea
P Nation Upload Ulang Lagu-lagu yang Hilang dari Spotify