Youthcon

Honda Short Movie Competition: Layaknya Karya Sineas Profesional

Bramantyo Brata

Posted on November 1st 2019

Satu lagi suguhan keren diĀ UBS Youthcon 2019. Yakni adanya mini theater atau movie corner. Area itu merupakan studio mini yang digunakan untuk memutar karya-karya para finalis Honda Short Movie Competition. Meskipun dibuat oleh pelajar, tapi film-film besutan para finalis ini sudah layaknya karya sineas profesional.

Pada opening Youthcon 2019, Jumat (1/11), sebanyak 30 film pendek karya finalis di putar di sana. Antusiasme para penonton melihat karya-karya sineas muda itu luar biasa. Mereka penasaran dengan film-film pendek itu setelah sebelumnya membaca poster filmnya di bagian luar mini theater.

Yang menonton tak hanya para pengunjung, ada juga sesama finalis. Mereka ingin mengukur sebagus apa kualitas kompetitornya.

Tahun ini genre film yang diusung para finalis cukup beragam. Salah satunya film Citrapata dari SMAN 20 Surabaya. Mereka mengangkat isu politik yang terjadi pada 1998. Tetapi agar mudah dimengerti, film ini menyuguhkan jalan cerita yang mudah dicerna para remaja. Maklum, saat peristiwa politik 1998 terjadi, kebanyakan dari para peserta Youthcon masih belum lahir, hehehe.

"Zaman sekarang kan mulai menipis nih para remaja yang sadar soal isu politik. Kami ingin bawa pesan aja sih bahwa masih ada kok anak-anak yang masih peduli dengan sejarah atau politik di Indonesia," ujar Raditya Laksamana, produser Citrapata.

Nggak hanya itu ada juga kok film yang mengangkat kehidupan remaja zaman sekarang. Salah satunya film Brother dari SMA Petra 5 Surabaya. Justin Priestley, pemeran dalam film ini mengatakan, film yang dia mainkan membawa pesan yang simpel tetapi cukup berguna bagi kehidupan remaja moderen. Ia juga mengungkapkan bahwa ini adalah film terniat yang pernah ia mainkan.

"Setiap scene yang dishoot sangat dipertimbangkan untuk bisa masuk ke dalam film. Meskipun para kompetitor punya karya yang nggak kalah bagus, tapi saya dan tim harus optimis," kata Justin.

Kalian masih bisa melihat karya film pendek para finalis Honda Short Movie Competition di hari ini. Langsung aja kunjungi Movie Corner di area UBS Youthcon 2019 hari ini.

Artikel Terkait
Youthcon
Honda Short Movie Competition: 15 Sinopsis Film Pendek ini Keren Banget

Youthcon
Komunikatif, Presentasi 15 Finalis Honda Short Movie Competition Pukau Para Juri

Youthcon
Kamu Nggak Akan Lupa 5 Momen Seru di Hari ke-6 UBS Youthcon Ini