Youthcon

Tehbotol Sosro Art Space: V for Vendetta pun Ngecat Dinding

Mainmain.id

Posted on November 1st 2019

Salah satu event keren yang berlangsung di hari pertama UBS Youthcon 2019 adalah Tehbotol Sosro Art Space. Event ini mengasah kreativitas para peserta dalam membuat seni instalasi. Tentu tema yang diusung peserta masih harus terkait 'Future'.

Nah, banyak peserta yang begitu kreatif mengusung tema itu dengan konsep mereka masing-masing. Misalnya saja tim dari SMA Khadijah Surabaya. Penampilan tim dari sekolah yang 'bermarkas' di Jalan Ahmad Yani itu unik. Membuat penasaran para pengunjung.

Anak-anak SMA Khadijah kompakan menggunakan topeng V for Vendetta. Ada yang sambil ngecat dinding triple. Ada pula yang sedang memotong bahan-bahan untuk dekorasi. Tim mainmain.id mengira topeng itu hanya dibuat cari sensasi. Untuk gaya-gayaan. Tapi ternyata tidak.

"Karena kami mengusung konsep hacker," ujar Taufal Ahnaf Kelas 10. Owh pantas saja. Sebab, di sekitar mereka banyak casing-casing personal computer (PC). Ternyata casing akan digunakan sebagai properti mereka.

Topeng V for Vendetta selama ini memang diidentikan dengan sosok peretas. "Tapi selain untuk menggambarkan seorang hacker, topeng ini juga untuk mencegah bau cat," ujar Taufal lalu disambut tawa teman-temannya.

Kata Taufal, hacker tersebut sebuah fenomena di masa depan. Dia ingin menyampaikan ke pengunjung bahwa hacker itu seperti sebuah pisau. Bisa dimanfaatkan untuk kegiatan jahat, tapi juga bisa untuk hal positif. 

Selama ini memang terjadi kesimpang siuran istilah di masyarakat soal hacker dan cracker. Semua kegiatan peretasan jaringan komputer selalu disebut hacker

Hacker sendiri sebenarnya sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer. Para hacker biasanya melakukan penyusupan-penyusupan dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik. Juga untuk mengetahui kelemahan sebuah jaringan agar tidak disusupi orang jahat. Nah kegiatan penyusupan jahat itulah yang disebut cracker. Cracker lebih bersifat destruktif dan untuk kegiatan pencurian data. 

Sebagaimana diketahui event Tehbotol Sosro ini tim dari SMA Khadijah dari para peserta lainnya dituntut untuk membuat karya seni instalasi di sebuah dinding. Bentuk dindingnya seperti huruf U. Dengan ukuran 2x2 bagian dalam. Serta 2x1 di dua sisi kanan dan kiri. Di dinding itu mereka bebas menuangkan kreativitasnya.(*)

 

 

 

 
Related Articles
Youthcon
Tehbotol Sosro Art Space: Ayo Foto-Foto di 5 Art Space Pembawa Pesan Ini!

Youthcon
5 Momen Tak Terlupakan di Hari Ke-4 UBS Youthcon 2019!

Youthcon
Tehbotol Sosro Art Space: 7 Booth ini Wajib Kalian Gunakan Untuk Tempat Foto