Pop-Sci

Memperingati November Sebagai Bulan Vegan Dunia

Mainmain.id

Posted on November 1st 2019

November telah tiba! Bagi kalian yang tinggal di Surabaya, November datang dengan ditandai hujan untuk kali pertamanya setelah musim kemarau yang panasnya minta ampun.

Nah seperti biasa, tim mainmain.id tiap bulannya punya tulisan tematik untuk memperingati momen-momen tertentu. Di mulai ketika Oktober kemarin, kami membahas tentang kesehatan mental. Sebab Oktober memang identik dengan bulan kesehatan mental.

November ini mainmain.id ganti membahas soal vegan. Kenapa vegan? Ya karena November diperingati sebagai bulan vegan.

Apa sih vegan itu? Seorang vegetarian kan?

Selama ini memang banyak orang mengira vegan adalah singkatan dari vegetarian. Meski sekilas terdengar mirip, tapi sebenarnya vegan dan vegetarian adalah dua istilah yang berbeda. Agar lebih jelas tentang perbedaan keduanya, kuy lanjutkan baca penjelasan berikut ini.
 
Pertama kita bahas vegetarian. Menurut KBBI, definisi vegetarian adalah orang yang tidak makan daging, tapi makan sayuran dan tumbuhan. Sedangkan vegan adalah versi vegetarian yang benar-benar tidak mengonsumsi daging dan semua produk turunan hewan.
 
So, perbedaan mencoloknya adalah seorang vegetarian masih toleransi terhadap makanan yang berasal dari produk hewani. Misalnya susu, telur, dan madu.
 
Bicara soal vegetarian juga masih ada beberapa jenisnya. Pertama, lacto-ovo vegetarian. Vegetarian jenis ini tidak mengonsumsi daging dan ikan, tapi toleransi terhadap telur dan susu.
 
Berikutnya ada lacto vegetarian. Mereka tidak makan daging, ikan, dan telur. Tapi masih mengonsumsi susu. Dan terakhir, pescatarian. Yakni vegetarian yang tidak makan daging tetapi makan ikan dan makanan laut lainnya.
 
Yang menarik, seorang vegan maupun vegetarian sejati tak sekedar makan hewan. Tapi mereka juga memegang prinsip tidak menyakiti atau membunuh hewan.
 
Nah, seluruh penduduk dunia -pastinya yang vegan- pada November ini kompak merayakan bulan vegan. Btw, kok bisa sih November dijadikan bulan vegan? 
 
Ceritanya begini. Dikutip dari vegansociety, sejak dulu orang-orang yang vegetarian maupun vegan ini sudah ada. Mereka kemudian membentuk kelompok. Lahirlah: The Vegetarian Society. Pada November 1944, anggota The Vegetarian Society antara lain Donald Watson, Elsie Shrigley dan teman-temannya merasakan kebutuhan penting membedakan perbedaan antara seorang yang tidak makan daging dengan orang yang sama sekali tak makan produk hewani.
 
Dari situlah kelompok ini pecah. Lahirlah The Vegan Society pada 1 November 1994. Kelompok ini yang menaungi orang-orang vegan. Akhirnya pada 1 November tiap tahunnya diperingati sebagai hari Vegan Sedunia.
 
Awalnya perayaan vegan ini hanya hari. Yakni hari vegan dunia. Lalu berkembang menjadi pekan vegan. Dan akhirnya diperingati bulanan menjadi bulan vegan dunia.
 
Bulan vegan tiap tahun diperingati di dunia dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana gerakan vegan telah datang. Selain itu juga untuk mengampanyekan betapa mudah dan bermanfaatnya gaya hidup vegan. Oleh karena itu di bulan vegan dunia, orang-orang vegan membagikan banyak informasi. Intinya mendorong orang untuk penasaran dengan vegan. Informasi yang disajikan bisa seputar saran, resep, dan ide.

Orang-orang vegan merayakan bulan vegan dunia dengan berbagai cara. Ada yang membuat acara makan siang bersama di tempat kerja dengan menu vegan. Hingga membagikan resep-resep vegan. Fyi, jika kalian ingin melihat event apa saja terkait vegan di seluruh dunia, bisa membuka link berikut: https://www.vegansociety.com/whats-new/events

Namun dari penelusuran tim mainmain.id di web tersebut, event vegan sepanjang November ini tidak ada di Indonesia. Nah, mungkin setelah membaca ini kalian tertarik membuat kegiatan sendiri tentang vegan? 

 

 

Related Articles
Pop-Sci
Burger King Khusus Vegetarian dari Impossible Foods!

Pop-Sci
Kenapa sih Rindu Itu Berat?

Pop-Sci
9 Hoaks Abadi yang Mengkambinghitamkan Ponsel

Meet The Creator



Drian Bintang

Quote Of The Day

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda