Interest

Teriakan 'Allahu Akbar' Bikin Joker Batal Tayang, Ternyata Ulah Pencuri

Drian Bintang

Posted on October 30th 2019

Joaquin Phoenix ketika memerankan Joker di film 'Joker'. (NME)

Warga Paris, Perancis Selasa (29/10) malam lalu dibuat geger. Seorang pria meneriakan “Allahu Akbar” di tengah studio yang sedang menayangkan “Joker”. Setelah diselidiki, rupanya ini adalah modus terbaru perampokan yang dilakukan oleh penjahat di Paris.

Sampai saat ini, pihak berwajib masih belum merilis gambar resmi pria yang mereka tangkap di Bioskop Grand Rex, Paris, Perancis. Yang bisa dipastikan, pria tersebut berumur sekitar 34 tahun. Setelah diteliti, dia merupakan warga yang tinggal di pinggiran kota Paris. Tepatnya di kawasan Boulogne Billancourt. Kasus tersebut, masih dalam penanganan serius kepolisian Paris.

Kronologi kejadian tersebut bermula di Bioksop Grand Rex. Malam itu, mereka memutar “Joker” pada jam penayangan 21.30 waktu setempat. Tempat kejadiannya di salah satu studio yang berisi 26 penonton, termasuk pelaku yang menyerukan kalimat takbir.

Menurut saksi yang juga berada di lokasi, pria yang kemudian diidentifikasi sebagai pelaku itu menggumam semenjak pertama kali film diputar. “Ini ada unsur politiknya,” gumam pria tersebut setiap menit.

Penonton yang ada di sekitar pun sudah mulai curiga. Apalagi, gumaman yang dilakukan cukup keras hingga mengganggu penonton lainnya. Beberapa pun mencoba untuk mendiamkan pria tersebut dengan meneriakan “ssssttttt” sebagai simbol agar dia diam.

Bukan keheningan yang diterima oleh penonton. Sejurus kemudian, pria tersebut pun berdiri memunggungi penonton lainnya. Berdiri di kursinya, pria tersebut tiba-tiba menyilakan kedua tangannya di dada. Dia tiba-tiba berteriak “Allahu Akbar!”.

Setelah berteriak, ia bergumam lagi. Beberapa saksi pun mengira ia menggumamkan sesuatu dalam bahasa Arab. Sontak penonton yang ada di lokasi berhamburan keluar. ”Pokoknya benar-benar panik tadi,” jelas Viktor, saksi lapangan yang diwawancarai media lokal Paris.

Melihat kesempatan tersebut, pria yang meneriakan “Allahu Akbar” itu langsung berkeliling studio. Dia memunguti barang-barang berharga yang ditinggalkan penonton di lokasi.

Ya, rupanya, aksi kali ini bukanlah ancaman terorisme berlatarbelakang agama. Ternyata, pria tersebut sengaja membuyarkan penonton untuk menjarah barang berharga mereka. Teriakan yang diidentikan dengan serangan terorisme --oleh kebanyakan masyarakat kulit putih itu-- memang menakutkan bagi mereka. Apalagi jika diikuti oleh berbagai macam simbol keagamaan, seperti yang dilakukan oleh pria ini. Tapi ternyata pria ini mengambil kesempatan di tengah kepanikan yang dia timbulkan sendiri,

Kepolisian Paris bergerak cepat. Mereka menangkap pria tersebut tidak jauh dari lokasi. Pengecekan secara menyeluruh ke Grand Rex juga segera dilakukan. Demi memastikan ada ancaman bom atau tidak. Apalagi saat itu, Grand Rex sedang menampung 200 penonton. Ini merupakan hampir setengah dari kapasitas bioskop yang bisa menampung 500 orang.

Sampai saat ini, polisi masih mendalami motif dari pria tersebut. Ini juga bukan kejadian yang pertama kali terjadi di Paris, Perancis. Sebelumnya, juga pernah terjadi kejadian serupa. Namun, kejadian tersebut terjadi di sebuah kereta. Saat itu, penumpangnya terpaksa keluar tanpa mempedulikan barang berharganya gara-gara ada sekelompok pria meneriakkan teriakan yang sama. Duh, ada-ada saja, ya.

 Grand Rex Cinema tempat terjadinya perampokan dengan modus baru. (Daily Mail)

Related Articles
Entertainment
Ini Kata Joaquin Phoenix dan Todd Phillips Soal Sekuel Film Joker

Entertainment
Warner Bros Isyaratkan Tak Lagi Pakai Jared Leto Sebagai Joker

Interest
Joker Muncul di Mortal Kombat 11 Bulan Depan