Interest

Apple Luncurkan AirPods Terbaru dengan Fitur Noise Cancellation

Drian Bintang

Posted on October 30th 2019

Air Pods Pro yang baru saja diluncurkan oleh Apple kini sudah bisa dipesan.

Mulai Rabu (30/10) ini, kalian sudah bisa memesan produk terbaru yang baru saja diluncurkan Apple. Air Pods Pro. Headset nirkabel ini, sudah bisa dipesan di website resmi dari Apple. Tidak hanya desain yang keren, Apple juga menawarkan fitur terbaru berupa noise cancellation di Air Pods tersebut.

Produk ini pertama kali diperkenalkan oleh Apple pada 28 Oktober lalu. Pada press release yang ada di website resminya, Apple menjabarkan bahwa generasi terbaru dari Air Pods mereka yang kali ini akan didesain lebih ringan. Meskipun, Air Pods kali ini terlihat lebih berat. Dengan tambahan penyumbat telinga yang ada di ujung Air Pods.

Dalam press release-nya, Apple menjelaskan penyumbat telinga tersebut terbuat dari material silicon yang sangat lembut. Masing-masing headset akan dilengkapi dengan tiga macam tipe kelenturan silicon.

Pembeli bisa menyesuaikan selembut apa silicon yang mereka inginkan untuk berada di telinga mereka. Sehingga tidak ada satu pun, pembeli yang merasa tidak nyaman atas desain terbaru dari Apple yang satu ini.

”Air pods ini merupakan salah satu headphone dengan penjualan tertinggi, dan dicari banyak orang. Dalam generasinya kali ini, kami membawa kehebatan itu ke level yang lebih tinggi,” ucap Apple Senior Vice President Phil Schiller dikutip dari situs resmi mereka.

Air Pods Pro yang baru saja diluncurkan Apple.

Air Pods kali ini lebih mengutamakan fitur noise cancellation-nya. Di mana, pengguna hanya akan terfokus ke music yang mereka dengar melalui headset tersebut. Bukan dari suara-suara sekitar, yang terkadang akan tetap masuk ke telinga kita. Sekali pun kita sudah mengenakan headset.

Fitur noise cancellation ini membuat kalian tidak perlu mendengarkan music keras-keras. Hanya untuk mengurangi masuknya suara latar belakang yang juga terdengar.

Pembeli cukup mengkonfigurasi fitur tersebut ke iphone, ipad, atau ipod pengguna. Jika konfigurasi noise cancellation ditinggikan, maka akan semakin sedikit pula suara latar belakang yang akan masuk ke telinga. Semakin rendah noise cancellation-nya, maka akan semakin tinggi pula suara yang tetap masuk.

Masing-masing air pods didesain dengan microphone yang ada di pangkal headset. Microphone tersebut, tidak hanya berfungsi untuk merekam suara yang masuk dari pengguna, yang kemudian ditransmisikan ke pengguna lainnya di sambungan telepon. Tapi juga, berfungsi untuk menghalau suara latar belakang yang hendak masuk ke telinga.

Microphone pertama bertindak untuk menimbulkan suara lain yang kemudian disebut anti-noise. Suara ini ah yang akan menjadi pembanding suara latar belakang yang masuk ke telinga.

Semakin besar konfigurasi noise cancellation, maka akan semakin besar pula anti-noise yang diproduksi. Pengguna tidak akan merasakan suara tersebut. Pengguna akan merasakan suara mobil, orang bicara, atau pacar yang sedang mengomel di sebelahnya sirna begitu saja.

Fitur lainnya yang disajikan oleh Apple adalah transparency mode. Fitur ini bisa digunakan oleh penggunanya jika mereka sedang beraktifitas aktif di luar ruangan. Seperti menaiki transportasi umum, berjalan di trotoar, hingga jogging di sekitar rumah.

Kebalikan dari noise cancellation. Dalam fitur transparency mode ini, pengguna seolah tidak sedang menggunakan headset sama sekali. Suara music yang mereka setel di headset, akan menjadi suara latar belakang dari suara-suara inti yang masuk ke telinga. Ini cocok sekali digunakan, jika kita sedang fokus melakukan sesuatu, dan masih perlu menggunakan indera pendengaran kita.

Dalam fitur ini, microphone yang ada di dalamnya tetap menjalankan fungsi noise cancellation-nya. Hanya saja, fitur yang digunakan tidak sebanyak yang digunakan di fitur noise cancellation. Sehingga pengguna masih bisa menikmati musik yang didengarkan, tanpa harus khawatir tidak terdengar suara apa-apa di sekitarnya.

Kalian sudah bisa melakukan pemesanan ke website resmi Apple pada Rabu (30/10) ini. Air Pods Pro tersebut dibanderol dengan harga USD 249. Setara Rp 3,48 Juta. Eits, tapi ini belum shipping ya.

Related Articles
Interest
Dampak Coronavirus, Produksi iPhone dan AirPods Berkurang Drastis

Tech
AirPods Max, Produk Headphone Baru dari Apple yang Harganya Max Banget

Tech
AirPods Sebabkan Kanker Ganas? Yuk Cek Faktanya