Youthcon

Trik Ngomong di Depan Publik yang Membawa Pengaruh Positif

Delya Oktovie Apsari

Posted on October 28th 2019

Ketika Kelly Kenina, Finalis Alpha Girls Active Series dari SMA Cita Hati East menawarkan diri untuk maju ke depan, dia nggak kelihatan nervous sama sekali. Ia pun mantap berdiri di hadapan Finalis Alpha Girls lainnya, sambil menceritakan sisi-sisi positif dari sekolahnya dengan lancar tanpa membaca teks.

Ia berusaha mempraktikkan apa yang sudah diajarkan oleh Meity Piris dari Speak Up's Surabaya tentang announcing skills, pada kelas public speaking yang digelar di De Boliva, Senin (28/10/2019). Tapi, ternyata, ketika Tim Mainmain.id mewawancara dia, Kelly mengaku deg-degan banget setelah ngomong di depan!

"Pas maju rasanya biasa aja. Tapi pas balik, aku langsung (deg-degan), dan ngerasa aku harus latihan lagi. Aku harus do better," kata Kelly.

Ini merupakan momen langka bagi Kelly, yang mengaku dirinya sangat nggak biasa ngomong di depan publik. "Makanya kelas ini bermanfaat banget, sampai aku berani maju buat nyoba, lho. Soalnya, aku takut banget ngomong di depan orang banyak. Sesi tanya-jawab aja aku sampai takut salah ngomong," ceritanya.

Pada sesi kelas public speaking kali ini, Meity Piris menjelaskan ia memang ingin para finalis betul-betul memahami seni berbicara di depan publik. Berbicara pun bukan sekadar menyampaikan pesan, tapi bagaimana pesan itu tersampaikan dan komunikan melakukannya.

"Harus ada impact-nya. Misal saya ngomong rumah itu harus dipel. Kamu paham, tapi kamu nggak melakukan. Berarti pesan saya nggak sampai," jelas Meity.

Menurutnya, trik untuk ngomong di depan publik dan bisa membawa pengaruh positif, adalah dengan memiliki teknik berbicara yang benar. Yakni, memerhatikan intonasi, artikulasi dan power. "Kalau ngomong, suara harus jelas. Harus bisa didengar," ucapnya.

Sang pembicara juga harus memerhatikan ruangan tempat ia akan berbicara. Kepandaian memainkan volume sangat dibutuhkan di sini. "Dia harus tahu ketika ruangan sebesar ini, berarti levelku segini. Harus paham bicara lantang ketika momen apa, sedang-sedang saja waktu apa, dan pelan saat apa," paparnya. ()

Related Articles
Youthcon
Yang Seru di UBS Youthcon Hari Ini: Final Dance Cover sampai Alpha Girls!

Youthcon
Saksikan Performance Keren di Active Series Alpha Girls Campaign Malam Ini!

Youthcon
Meski Termuda, Kelly Berhasil Raih Juara Pertama Alpha Girls

Meet The Creator



Drian Bintang

Quote Of The Day

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda