Youthcon

Mulai dari Keroncong sampai Electronic di Audisi Honda Genio Music Competition

Delya Oktovie Apsari

Posted on October 27th 2019

Moreno Rizki dari SMP Negeri 2 Jombang unjuk kebolehan bermusik berbekal launchpad pada audisi Honda Genio Music Competition di Mojokerto, Minggu (27/10/2019)

Audisi Honda Genio Music Competition di tiga kota akhirnya selesai digelar! Tiga kota tersebut adalah Surabaya, Sidoarjo dan Mojokerto. Nah, selama audisi yang berjalan sejak Sabtu (26/10/2019) ini, Tim Mainmain.id menemukan banyak banget talenta baru yang nggak kalah keren dengan musisi profesional.

Hal yang sama juga dirasakan oleh salah satu juri Honda Genio Music Competition kali ini, yaitu Ardina Putri, Media Officer DBL Indonesia. Ia berkesempatan masuk dalam tim penilai audisi yang diadakan di Mojokerto, Minggu (27/10/2019). Ardina mengatakan, ia cukup terkesima dengan kemampuan musik peserta SMA maupun SMP. "Hari ini berkesan banget buatku, karena peserta audisi kali ini aransemen musiknya macam-macam. Ada rock, keroncong, reggae, ada juga yang electronic," tutur Ardina.

Genre yang variatif itu menjadi highlight tersendiri baginya. Dalam audisi yang diikuti oleh 10 sekolah ini, ada penampilan unik dari Tim A SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Mereka membuat aransemen lagu keroncong yang dipadukan dengan jazz! Menurut salah satu anggota tim, Kornelius Yoel Gracio, mereka memang ingin mengusung konsep tradisional. Tetapi, supaya tetap ada unsur modernnya, dikawinkan dengan jazz. "Kami ingin mengusung tradisional. Cuma biar nggak tradisional banget, kami beri jazz sedikit. Ini pertama kalinya kami ikut Youthcon dan membawakan konsep ini," jelas siswa kelas X tersebut.

Penampilan super keren lainnya datang dari SMP Negeri 2 Jombang. Walau usia masih 13 tahun, Moreno Rizki membawakan performance apik dengan alat musik launchpad, lho! Ketika ditanya, ia menyebut sudah belajar launchpad sejak SD. "Saya belajarnya sejak SD secara otodidak lewat YouTube. Kalau compose musik sudah lama. Saya produksi lagu sendiri, paling cepat bikin lagu satu minggu," ucapnya. Meski bakat bermusiknya ini sudah dimiliki sejak lama, dia baru berani show off lewat ajang Honda Genio Music Competition ini. Jadi, kalau dia terpilih, panggung UBS Youthcon 2019 bakal jadi panggung kompetisi pertama baginya!

Setelah live audition, bakal dipilih 15 tim untuk tampil di venue membawakan dua lagu, yakni jingle Honda dan satu lagu bebas. Beberapa kriteria yang jadi bobot penilaian juri adalah skill, improvisasi, teknik, aksi panggung dan kostum.

Related Articles
Youthcon
Honda Genio Music Competition: Kemenangan Smamda Kado Ultah Manis Sang Vokalis

Youthcon
Bakal Ada Apa Aja di UBS Youthcon Hari ini? Yuk Intip Daftar Performance-nya!

Youthcon
5 Momen Tak Terlupakan di Hari Ke-4 UBS Youthcon 2019!