Interest

G-Dragon Selesai Wamil, Fans Diminta Gak Datang. Kenapa?

Delima Pangaribuan

Posted on October 25th 2019

Kabar gembira untuk semua VIP alias fans Big Bang. G-Dragon bakal resmi menyelesaikan wajib militernya per tanggal 26 Oktober 2019 ini. Artinya, mulai besok VIP bisa lihat leader kesayangan mereka lagi!

Jadwal discharge G-Dragon dari wamil pun disambut antusias sama VIP di jagat maya. Nggak heran kalau nama G-Dragon jadi salah satu trending teratas di Twitter Jumat malam ini. Bahkan, ada yang benar-benar menghitung jam selesainya wamil pemilik nama asli Kwon Jiyong ini, yakni pas 22,00 WIB atau 00.00 waktu semenanjung Korea.

Tepat sehari sebelum dia bebas tugas negara, YG Entertainment selaku agensi mengabarkan kalau pelepasan G-Dragon berubah tempat. Melansir Soompi, rencana awalnya G-Dragon bakal keluar di Cheorwon, basis militer yang berbatasan langsung dengan Korea Utara. Tetapi akhirnya tempatnya diganti di basis militer mereka di Yongin yang berada di Seoul.

Sudah jadi kebiasaan fandom di sana untuk menyambut idol mereka saat pelepasan wamil. Namun, sebelumnya YG sudah mengingatkan para fans untuk tidak melakukan acara apa pun buat G-Dragon maupun Taeyang dan Daesung, dua member Big Bang lainnya yang juga sedang wamil.

"Lokasinya berada di area perbatasan di mana virus African swine fever (ASF) terdeteksi," jelas YG secara tertulis seperti diberitakan Soompi.

Nah, karena lokasi discharge-nya G-Dragon udah dipindah ke dekat Seoul, diperkirakan para fans tetap akan datang. Alasan kepindahan G-Dragon sendiri juga disebabkan menyebarkan virus tersebut. Tapi, sejauh ini belum ada pernyataan atau imbauan lagi dari YG soal pelepasan di Yongin, apakah bebas dikunjungi atau nggak.

Kalaupun gak bisa dikunjungi atau disambut langsung di Yongin, G-Dragon nggak perlu sedih. Para fans masih punya banyak cara buat nyambut dia. Salah satunya dengan bikin iklan banner yang sekarang udah dipasang di beberapa titik stasiun di Seoul. Nih!

Setelah G-Dragon, dua member lainnya yang masih bertugas di Cheorwon juga bakal mengakhiri wamil mereka dalam waktu dekat. Taeyang dan Daesung dijadwalkan selesai masa tugasnya pada November mendatang.

Oh iya, ngomong-ngomong soal wamil, ini merupakan kewajiban bagi setiap warga negara Korea Selatan yang laki-laki. Batas usia mengikuti wamil adalah 18-28 tahun. Bebas pilih di umur berapa aja di antara rentang itu. Wamil berjalan sekitar 2 tahun beberapa bulan. Penugasannya pun beragam, bisa di basis militer yang berbahaya seperti di perbatasan atau cukup jadi petugas keamanan di berbagai basis militer yang tersebar di seluruh Korea Selatan.

Para idol biasanya memilih agak mendekati masa-masa akhir karena kesibukan mereka di dunia entertainment. Bahkan ada idol yang sengaja mangkir dan akhirnya berurusan sama hukum Korea Selatan. Salah satu beritanya yang cukup ramai adalah pelantun Gangnam Style, PSY sekitar tahun 2017 lalu.

Sebenarnya ada kekhususan bagi warga yang punya riwayat penyakit supaya dibebaskan dari wajib militer, misalnya member Super Junior Kyuhyun. Tapi jelas penyakitnya gak boleh dibuat-buat. Begitu juga dengan persyaratan sedang menempuh pendidikan tinggi, bisa saja menunda wamilnya.

Beberapa orang berlaku curang dengan membeli ijazah palsu. Gosip ini pernah menerpa sejumlah idol, salah satunya CN Blue Jung Yonghwa. Untungnya tahun 2018, Jung Yonghwa dinyatakan bebas dari tuduhan dan tidak bersalah. (*) 

 

 
Related Articles

Entertainment
Segera Wamil, Winner Siapkan 12 Lagu Sekaligus dalam Album Baru Mereka!

Interest
Turut Berbahagia, EXO-L Indonesia Bikin Acara Kondangan Buat Chen