Entertainment

Coldplay Pasang Iklan Tracklist Album Baru Mereka “Everyday Life” di Surat Kabar

Drian Bintang

Posted on October 24th 2019

Source nme.com/Getty: Chris Martin pentolan band Coldplay yang sedang menyanyi di panggung.

Empat tahun tidak bersua, kabar Coldplay bakal rilis album akhirnya muncul juga. Band yang memiliki vokalis bernama Chris Martin tersebut, akan merilis album berjudul 'Everyday Life'. Album tersebut akan dirilis dalam dua edisi berbeda.

Kedua edisi tersebut nantinya memiliki nama yang berbeda pula, yakni 'Sunrise' dan 'Sunset'. Masing-masing edisi memiliki delapan lagu yang berbeda-beda. Namun, lagu 'Everyday Life' hanya akan dirilis di album edisi 'Sunset'. Sedangkan pada album 'Sunrise', justru akan ada lagu dengan nama yang sama pula sebagai gantinya. Kedua album rencananya diluncurkan di waktu yang bersamaan.

Menurut nme.com, ini merupakan album lanjutan dari 'Head Full of Dreams' yang dirilis pada Desember 2015 lalu. Artinya, 'Everyday Life' bakal menjadi album ke-8 dari deretan album Coldplay yang sudah dirilis sebelumnya. Peluncurannya yang dibagi menjadi dua ini, pun merupakan pertama kalinya mereka lakukan. 

Tidak hanya albumnya saja yang memberikan kejutan kepada penggemar. Cara manajemen Coldplay dalam mengumumkan tracklist juga membuat penggemar tercengang. Bukan melalui posting resmi di website mereka, ataupun press conference yang dilakukan kepada beberapa awak media. Coldplay justru mengumumkan rentetan lagu-lagu yang muncul di album tersebut, melalui iklan di sebuah surat kabar di negara bagian Wales, Inggris.

Koran tersebut bernama North Wales Daily Post. Iklan tersebut dicetak pada 23 Oktober lalu. Tepatnya, di halaman ke-31 surat kabar harian tersebut. Lucunya lagi, iklan tersebut tidak menghabiskan satu halaman full di surat kabar tersebut. Jika tidak diperhatikan lamat-lamat, iklan tersebut tampak tak ada bedanya layaknya iklan layanan masyarakat.

Iklan di Surat Kabar

Ukuran iklan yang dipasang bahkan tak sampai seperempat halaman. Letaknya memang berada di kiri atas. Bukan,bukan di pojok. Sebab, di pojok kiri atas tepat di atas iklan Coldplay, merupakan iklan layanan masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah setempat. Iklan tersebut bersanding dengan iklan-iklan receh lainnya. Seperti penjualan kulkas, dan penjualan setumpuk jerami.

Ternyata, ide ini diprakarsai oleh gitaris Coldplay, Jonny Buckland. Dalam akun Twitter resmi Coldplay, dia mencuitkan alasannya, kenapa band-nya harus repot-repot mengiklan di sebuah surat kabar. Pria asli Wales tersebut menjelaskan, sebelum menjadi gitaris Jonny bekerja di sebuah surat kabar juga. Bukan sebagai jurnalis, ataupun juru foto. Pekerjaan Jonny, dulunya adalah meletakan layout iklan penjualan rumah. Dia bahkan menjelaskan, sebenarnya dia tidak seberapa bagus dalam bidang tersebut. ”I wasn’t very good at it,” tulisnya di twitter. Memang instingnya menjadi seorang gitaris, sepertinya sudah ada sejak lama.

Cuitan Jonny Buckland

Related Articles
Entertainment
Cara Nonton Penampilan SuperM di Konser Lady Gaga 'One World: Together at Home'

Entertainment
Coldplay: A Head Full of Dreams, Rockumentary Personal yang “Menyenangkan”

Entertainment
John Legend & Coldplay Adakan Konser Live-Stream Gratis di Tengah Coronavirus