Portrait

Kejutan Kabinet Menteri: Susi Pamit, Tolakan Risma, Nadiem 'Tak Sesuai Aplikasi'

Delya Oktovie Apsari

Posted on October 23rd 2019

 

Pengumuman sekaligus pelantikan Kabinet Indonesia Maju yang dilakukan Presiden Joko Widodo, Rabu (23/10/2019), menghebohkan publik.

Ada menteri kesayangan yang harus direlakan, ada pula menteri yang kok, sepertinya agak nggak nyambung penempatannya. Tim Mainmain.id merangkum beberapa nama dan statusnya di kabinet periode 2019-2024 yang bikin kami tercengang.

 

1. Wiranto

Sumber: CNN Indonesia


Absennya dia di daftar menteri sebenarnya tak terlalu mengagetkan. Apalagi, ia baru saja ditusuk di bagian perut oleh sepasang suami-istri saat sedang berada di Banten. Namun, kenyataan ini cukup ironis mengingat banyaknya meme bertebaran tentang 'keabadian' Wiranto. Ternyata, dia tidak seabadi itu, kok. Kini jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) dipegang Mahfud MD.

 

2. Yasonna Laoly

Sumber: Tribunnews


Menteri satu ini belakangan jadi bulan-bulanan warganet. Mulai dari pernyataannya yang menuduh aksi demo mahasiswa melawan RKUHP ditunggangi, sampai mempermudah pembebasan bersyarat napi korupsi. Tapi dari semua kasus, yang membuat dia makin dihina warganet, adalah ketika ia menyebut Dian Sastrowardoyo bodoh.

Ia mengatakan hal tersebut karena Dian mengkritik RKUHP di Instagramnya, dan dianggap belum membaca RKUHP secara utuh. Kontan hal tersebut ramai dibicarakan warganet. Dian sendiri telah menanggapi pernyataan tersebut, dan menegaskan ia telah membaca RKUHP. Meski memiliki berbagai kontroversi, ternyata Jokowi memilih untuk mempertahankan Yasonna. Ia tetap menjadi Menteri Hukum dan HAM di kabinet baru ini.

 

3. Susi Pudjiastuti


Sumber: Grid.id


Selama menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dikenal sebagai sosok yang pemberani. Sampai-sampai, ia sering dimintai tolong para bucin untuk menenggelamkan mantan.

Guyonan ini muncul gara-gara ia sering menenggelamkan kapal asing di perairan Indonesia. Sayangnya, Susi pamit. Ia pun mengunggah video di Instagramnya, dengan caption "Kabinet kerja: bercanda, meledek satu sama lain ... bekerja .. akhirnya tak terasa selesai sudah 5 tahun masakerja ... ratusan wa masuk clip video ini yg saya terima,".

 

4. Tri Rismaharini

Sumber: Liputan6


Namanya sempat diisukan bakal masuk daftar menteri. Apalagi, ia satu partai dengan sang presiden. Namun, dalam konferensi pers yang baru saja ia gelar, Risma menyebut memang beberapa kali mendapat tawaran jadi menteri. Tawaran tersebut datang dari Megawati sendiri, dan juga Puan Maharani. Tetapi Risma memilih untuk menolak menduduki kursi kabinet. Alasannya, banyak pekerjaan di Surabaya yang belum rampung. Padahal, masa jabatan Risma sebagai Wali Kota Surabaya sebentar lagi berakhir, yakni pada awal tahun 2020.

 

5. Nadiem Makarim


Sumber: IDN Times


Terkejut sih enggak. Nama Nadiem memang sudah bersinar sekali. Apalagi setelah startup buatannya, Gojek, sukses besar. Ketika Nadiem hadir di istana negara pun, tak banyak yang mempermasalahkan.

Dipikir, Nadiem bakal dimasukkan ke divisi yang berkaitan dengan latar belakangnya; bisa jadi menteri BUMN atau perhubungan. Ternyata, keputusan presiden berkata lain. Nadiem jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan!

Ini sih, kayaknya nggak 'sesuai aplikasi' ya. Tapi, kita tunggu saja. Gebrakan-gebrakan apa yang bakal dilakukan oleh Nadiem. Mengingat, Mendikbud sebelumnya, Muhadjir Effendy, dibenci se-Indonesia gara-gara kebijakan zonasinya.

 

Related Articles
Current Issues
Reaksi Kocak Netizen Usai Nadime Makarim Dilantik jadi Mendikbud

Portrait
Dodit Mulyanto Curhat Gaji Guru Kecil dan Administrasi Ribet

Portrait
Yuk Kenalan Sama Nadiem Makarim, Mantan CEO Gojek yang Masuk Bursa Menteri