Sport

Pesan Jokowi ke Menpora Baru: Sepak Bolanya, Pak

Shava

Posted on October 23rd 2019

Zainudin Amali mendapatkan mandat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Ia meneruskan jabatan yang sebelumnya diemban oleh Imam Nahrawi.

Oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Zainudin mendapat mandat khusus untuk membenahi sepak bola. "Zainudin Amali, (sebagai) Menpora," kata Jokowi dalam perkenalan para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Zainudin pun berdiri. Ia melambaikan tangannya ke arah wartawan. "Sepak bolanya, Pak," pesan Jokowi kepada politisi dari Partai Golkar tersebut, Rabu (23/10) pagi.

Sepak bola Indonesia memang belum kembali menemukan kedigdayaan seperti zaman dulu. Pada era Menpora Imam Nahrawi, sepak bola Indonesia sempat dibekukan oleh FIFA selama kurang lebih dua tahun.

Setelah itu muncul kasus mafia bola pada akhir 2018 hingga awal 2019. Selain kasus mafia bola, sepak bola Indonesia juga sering memicu kerusuhan. Terbaru terjadi di Stadion Mandala Krida saat PSIM Jogja menjamu Persis Solo.

Dengan mandat yang ia terima, Zainudin ditugaskan untuk membawa Indonesia berjaya di dunia olahraga. Termasuk sepak bola. Tugas pertamanya adalah membawa Indonesia berjaya pada SEA Games 2019 di Manila, Filipina.

Related Articles
Sport
Shin Tae-yong, Ahjussi Korea Calon Pelatih Timnas Indonesia

Sport
Bigetron RA Rajai Klasemen PMCO Fall Split SEA

Sport
Bepe, Panutan yang Tak Pernah Mengkhianati Hatinya