Interest

Pokemon GO Siapkan Online Battle antar Pemain

Drian Bintang

Posted on October 23rd 2019

Niantic terus meluncurkan fitur terbaru di platform permainannya Pokemon GO. Setelah sebelumnya memberikan fitur Tim Rocket, kini mereka akan persiapkan fitur GO Battle League. Di sini nanti, pemain bisa melawan satu sama lain dengan menggunakan pokemon favorit mereka.

Pengumuman ini, disampaikan Niantic, developer resmi Pokemon GO. Di sebuah post yang dilakukan oleh website resminya pokemongolive.com. Pengumuman tersebut, mereka posting pada Senin (21/10) lalu.

Pada post tersebut, Niantic menjelaskan apa saja yang perlu pemain lakukan untuk menikmati fitur terbaru tersebut. Seperti biasa, setiap trainer, sebutan pemain di Pokemon GO, tetap harus keluar dari rumah. Seperti untuk menempuh poke-stop atau pun bertanding di gym. Pemain harus berjalan menuju ke tempat spesifik yang ditentukan di game tersebut.

Sepertinya, Pokemon GO tetap akan menerapkan titik-titik tertentu yang harus diraih oleh pemain untuk bisa mengakses fitur GO Battle tersebut. Jika sudah sampai di titik yang ditentukan, mereka kemudian bisa memilih, dengan siapa mereka akan bertarung.

Sayangnya Pokemon GO tidak memberikan penjelasan lebih lanjut. Akhirnya beberapa pemain berasumsi trainer akan disuguhi dengan dua pilihan. Pertama, mereka akan memilih pemain mana yang bisa diajak bermain setelah sebelumnya memberikan akses terhadap biografi karakter dan pokemon apa saja yang mereka jadikan roaster.

Data tersebut, kemudian akan disimpan di server, dan diletakan di titik tempat GO Battle bisa diakses. Sehingga, pemain bisa melawan pemain lain. Sekalipun mereka sedang offline. Persis seperti sistem gym yang sudah ada di Pokemon GO.

Pilihan kedua, pemain harus menemukan player lain yang lagi online di sekitarnya. Mereka hanya bisa bertanding melawan player yang juga ada di titik yang sama dengan mereka. Tapi jika pemain dinyatakan offline, maka pertandingan tidak bisa dilanjutkan. Namun kedua pilihan itu baru sebatas teori yang dibuat oleh penggemar Pokemon di luar sana.

Niantic sendiri hanya memberikan informasi tahun rilis dari fitur terbaru tersebut. Yakni, pada awal 2020 mendatang. Mereka enggan menjelaskan lebih lanjut, seperti apa fitur terbaru tersebut. Bahkan, tanggal tepatnya kapan fitur tersebut diluncurkan juga masih ditutup rapat.

Fitur battle dan interaksi dengan pemain lain sebenarnya sudah ada sejak lama. Tepatnya di generasi Nintendo-DS terdahulu. Game pertama yang memiliki fitur tersebut adalah Pearl dan Diamond.

Tidak hanya bisa bertarung antar pemain melalui jaringan internet, pemain juga bisa melakukan pertukaran Pokemon antara satu sama lain. Ini kemudian menjadi kebiasaan kurang baik di kalangan pemain. Sebab terjadi transaksi jual beli Pokemon-Pokemon langka dengan menukarkan mata uang sungguhan di dunia nyata.

Nah, kemunculan fitur GO Battle sendiri juga kemungkinan besar akan diikuti oleh trainer melakukan swap pokemon. Sebab, selama ini, Pokemon GO masih belum memiliki fitur tersebut. Wah, rasanya gak sabar lagi menanti fitur ini. 

 

 

 

Related Articles
Interest
Penjualan Nintendo Switch Melonjak Pasca Peluncuran 'Pokemon: Sword and Shield'

Interest
Niantic Bikin Ngegame Pokemon Go Tetap Asyik di Masa Self-quarantine

Interest
Mario Kart Tour dan Usaha Nintendo Menembus Pasar Mobile Game