Current Issues

Penonton Konser .Feast Alami Pelecehan Seksual, Deretan Musisi Usul Tanda S.O.S

Regina

Posted on October 22nd 2019

 

Thread kronologi pelecehan seksual Fattwa Pujanggawati di akun pribadinya @pujanggavati

Beberapa waktu lalu, kejadian tidak menyenangkan menimpa penonton konser .Feast di kawasan Bekasi. Fattwa Pujanggawati, penggemar .Feast itu mengalami pelecehan seksual. Selepas pulang menonton konser, Fattwa pun menumpahkan curhatnya lewat akun Twitter pribadinya @pujanggavati. Di sana Fattwa menceritakan kronologi kejadian tersebut dengan runtut. Mulai dari dia datang ke konser hingga dia pulang.

Fattwa bercerita bahwa konser .Feast mulai tidak kondusif. Saat itu juga para penonton mulai moshing juga crowdsurfing. Benar-benar tidak terkontrol. Bahkan saat lagu kedua dimulai ada tiga perempuan yang pingsan. Langsung oleh para crew dibawa ke dalam tralis. Dia yang berada di baris depan itu makin tidak nyaman dengan suasana yang semrawut.

Kejadian pelecehan itu dimulai saat lagu kedua .Feast. Tiba-tiba payudaranya diremas dari belakang oleh orang tak dikenal. Sontak Fattwa kaget. Konser masih berlangsung, Fattwa masih deg-degan siapa tadi yang melecehkannya. Dia sempat berpikir apakah yang dirasakan tadi benar-benar terjadi, atau sekedar halusinasi. Ia juga berpikir apakah yang melakukan tadi itu pacarnya. Namun, dia mendapati tangan kekasihnya sedang memegang tralis. Perasaan Fattwa makin tidak karuan.

Tak berselang lama, saat lagu ketiga baru akan dimulai, pelaku melakukannya lagi. Kali ini yang diremas adalah pantatnya. Dia sempat memukul tangannya. Kali itu dia yakin, pelakunya ada di belakang pacarnya, di samping perempuan lain yang juga ikut menonton konser. Ada seorang laki-laki di belakang seorang perempuan tadi berbaju hitam.

Fattwa sangat ketakutan, dia pun hanya berkata pada pacarnya “Nu (Dhanu), nanti aku pengen ngomong,” katanya seperti pada screenshot di Twitternya. Saat lagu ketiga dimulai, pelaku tadi meremas pantat Fattwa lagi. Dia pun ingin menagis rasanya, namun tidak bisa karena saking chaos-nya konser itu. 

Pelecehan seksual rupanya tidak dialami Fattwa saja, perempuan di samping kirinya pun juga. Saat itu, Fattwa menengok ke kiri dan melihat ada seorang perempuan yang menahan tangis. Dia langsung membawa perempuan tadi keluar kerumunan sambil memeluknya. Fattwa masih belum bisa menangis. Setelah di tempat yang dirasa cukup aman, akhirnya pecah tangis Fattwa.

Berita ini langsung didengar oleh vokalis .Feast, Baskara Putra. Dia begitu marah dan kesal terhadap pelaku yang melakukan pelecehan seksual di acara musik. Pada 20 Oktober, dia pun berkata “Barusan dapat kabar lagi perihal pelecehan seksual yang dilakukan cowo2 anjing di pertunjuknan kami @listentofeast di Bekasi. Hal yang paling saya benci adalah sex offender,” katanya dalam cuitan di Twiiter.

Dari kejadian tersebut, Baskara dan teman-temannya menggagas tanda S.O.S. Peringatan S.O.S ini sebagai tanda bahaya. Seperti pelecehan seksual, kekerasan, dan kecopetan. Selain Baskara, tanda peringatan ini juga dikampanyekan oleh sederet musisi tanah air. Seperti Danilla Riyadi, Kunto Aji, The Panturas, dan Dipha Barus. Baskara juga memperingatkan bahwa tanda tersebut sebaiknya tidak digunakan untuk becanda.

Kasus pelecehan perempuan saat nge-gigs ini merupakan tanda bahwa hidup perempuan tidak aman. Meski saat ibadah konser di mana tempat untuk bersenang-senang, masih saja ada digentayangi perasaan tidak aman. Penting untuk menjaga diri agar ibadah tetap khusyuk.

 

Related Articles
Entertainment
Soundtrack NKCTHI ‘Secukupnya’ Masuk Indonesia Top 50 Hits Spotify

Entertainment
FMF 2018: Efek Rumah Kaca Menutup Hari Pertama secara Sempurna

Entertainment
Menyemai Senja bersama Daramuda