Portrait

Yuk Kenalan Sama Nadiem Makarim, Mantan CEO Gojek yang Masuk Bursa Menteri

Mainmain.id

Posted on October 22nd 2019

Sosok Nadiem Makarim sedang jadi buah bibir dipelbagai kalangan masyarakat. Tapi kalian tahu nggak, sih, siapa Nadiem Makarim ini? Kalau kata pepatah, ibarat tak kenal maka tak sayang. Nah, biar kalian bisa sayang, yuk kenalan sama Nadiem Makarim!

Nama Nadiem Makarim bukanlah sosok yang baru di telinga beberapa kalangan masyarakat. Pria kelahiran Singapura, 4 Juli 1984 ini sudah menjadi seorang yang berpengaruh sejak tahun 2011. Kepintaran Nadiem terlihat sejak ia menjadi mahasiswa. Tahun 2006 ia berhasil memperoleh gelar sarjana Hubungan Internasional di Brown University, Amerika Serikat. Tiga tahun kemudian ia berhasil mendapat gelar Master of Business Administration di Havard Business School.

Nadiem benar-benar terjun ke dunia bisnis saat memasuki tahun 2006 saat mendirikan Zalora Indonesia. Empat tahun berselang, karir Nadiem mencapai puncaknya saat ia mendirikan sebuah startup, yaitu Gojek.

Di bawah kepemimpinan Nadiem, Gojek berkembang pesat. Dengan produk utama berupa layanan transportasi online dengan model startup ride-sharing. Perusahaan ini terus berkembang hingga merambah bisnis financial technology (fintech) di Indonesia melalui inovasi Gopay.

Dilansir dari laporan yang berjudul “The Global Unicorn Club” pada 2016 lalu, Gojek masuk dalam kategori Unicorn atau startup dengan nilai valuasi lebih dari 1 miliar dolar AS. Sementara pada tahun 2019 ini, Gojek disebut sebagai startup pertama asal Indonesia yang punya gelar Decacorn versi perusahaan riset startup CB Insights.

Dalam laporan itu juga menyebutkan bahwa Gojek menduduki posisi ke-19 sebagai startup paling bernilai dari 300 startup di seluruh dunia. Bahkan Gojek pun sedang dalam tahap pelebaran sayap. Setelah sukses di dalam negeri, Gojek pun memperluas layanannya ke Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Keberhasilan mengembangkan Gojek, membuat pria 35 tahun itu mendapat sejumlah penghargaan bergengsi. Misalnya pada 2018 lalu, Nadiem masuk daftar 50 Most Influential atau daftar 50 orang paling berpengaruh di dunia versi media Bloomberg. Sementara pada tahun ini, Nadiem meraih penghargaan Nikkei Asia Prize ke-24 untuk Inovasi Ekonomi dan Bisnis. Ia bahkan menjadi tokoh termuda se-Asia yang menerima penghargaan itu.

Namun satu hal yang membuat publik terkejut. Yakni pada Senin, (21/10) Nadiem memastikan telah memutuskan untuk mundur dari posisinya di Gojek. Pernyataan itu selaras dengan siaran resmi Gojek kemarin (21/10). Gojek berencana mengumumkan pemimpin baru untuk menggantikan Nadiem sebagai CEO perusahaan itu. Banyak pihak yang mengaitkan dengan isu diangkatnya sebagai menteri di kabinet Jokowi-Maruf Amin. Terlihat dari berbagai media pemberitaan, bahwa Nadiem sedang menemui Presiden pada Senin pagi (21/10). Ia mengaku telah mendapat tawaran untuk mengisi di posisi menteri.

Gimana gengs, udah puas belum mengenal sosok Nadiem Makarim? Yap, apapun keputusan darinya, semoga bisa tetap berjasa bagi Bangsa dan Negara.

Related Articles
Portrait
Dodit Mulyanto Curhat Gaji Guru Kecil dan Administrasi Ribet

Portrait
Kejutan Kabinet Menteri: Susi Pamit, Tolakan Risma, Nadiem 'Tak Sesuai Aplikasi'

Interest
Hindari Siswa Terpapar Coronavirus, Ujian Nasional Resmi Ditiadakan