Interest

E-Sports Challenge Merambah PNS, Eh Malah Jadi Guyonan Warganet

Delima Pangaribuan

Posted on October 21st 2019

Turnamen e-sports ternyata bukan cuma punya anak muda aja, nih. Kemarin beredar foto yang cukup bikin warganet di jagat media sosial penasaran. Ternyata ada juga turnamen e-sports di kalangan PNS. Bahkan tingkat kementerian.

Sebuah akun di aplikasi medsos burung biru membagikan foto dua banner event di Kementerian Keuangan. Event e-sports itu sendiri menarik perhatian publik karena jenis game yang dipertandingkan. Jangan bayangin Moba atau game sejenisnya, karena yang dimainkan dalam e-sports challenge itu ternyata Zuma dan Onet.

Foto itu pertama diunggah oleh akun Twitter @Ardhanata. Cuitan itu ternyata sudah dihapus Senin sore. Tapi seperti kata pepatah, jas metal alias jangan sekali-kali meninggalkan jejak digital. Sekalinya sudah terunggah, foto itu bakal tetap beredar di dunia maya.

Akun kedua yang mengunggah foto banner tersebut adalah @_Rezka. Pemilik akun ini menuliskan bahwa game Zuma dan Onet ini adalah salah satu bentuk melestarikan tradisi main game. Sekitar awal 2000-an, memang game offline semacam ini populer banget sebelum game online menyerang.

 

pada gapercaya sih pas gua bilang ada turnamen nasional..

kita juga maen cs, mobelejen, pabji gitu gitu kok..
Zuma dan Onet, ini bagian dari melestarikan tradisi.. pic.twitter.com/P0dOz6cwUE

FYI, buat kalian  yang belum tahu game ini, Zuma adalah game tembak-tembakan bola berwarna. Meriam kodok bakal otomatis ngeluarin bola berwarna yang harus kamu tembakin ke barisan bola dengan warna sama di rel. Lebih dari tiga, bola-bola itu bakal pecah. Sedangkan Onet adalah permainan nyocokin dua gambar yang sama, sampai seluruh kotak yang ada kehapus dan kamu menang.

Postingan e-sport challenge di lingkungan kementerian ini tentu menimbulkan berbagai reaksi di kalangan warganet, nih. Guyonan bahwa PNS itu gabut dan kerjanya cuma main game komputer pun ramai lagi. Sampai-sampai ada yang bikin kepanjangan PNS = Pekerjaan Nanti Saja.

Beberapa warganet yang juga (diduga) bekerja sebagai PNS ikut nimbrung. Ada yang bercanda mengiyakan, ada juga yang defense dengan bilang kalau gak semua PNS gabut.

Hmm... kalau menurut kalian, cocok gak sih game beginian disebut e-sport tournament? Dan kira-kira seru juga kali ya kalo sesekali tempat kerja ngadain turnamen serupa. Eh tapi jangan bercita-cita jadi PNS supaya bisa main game di kantor ya. Dan jangan terstigma bahwa semua PNS itu gabut.(*)

 
Artikel Terkait
Esports
PBESI Bakal Menggelar Liga E-Sports Nasional Mulai Tahun Depan

Interest
20 Destinasi Wisata Telah Dibuka untuk Uji Coba Protokol Kesehatan, Mana Saja?

Interest
Awas, Sibling Bullying Berdampak Buruk pada Kesehatan Mental di Masa Depan