Entertainment

Bela BTS dari Fans SuperM, ARMY Bikin #Korea_Pride_BTS Trending di Twitter

Delya Oktovie Apsari

Posted on October 19th 2019

Para penggemar SuperM tampaknya masih belum bisa menerima kritikan pedas yang dilontarkan media-media besar Amerika Serikat pada idolanya. Pasalnya, setelah diserang bertubi-tubi oleh Korea Herald, Buzzfeed, Rolling Stone sampai New York Times, mereka justru melampiaskan kekesalan pada boyband lainnya, yaitu BTS.

Kritik demi kritik mulai bermunculan ketika grup asuhan SM Entertainment tersebut berhasil meraih posisi puncak di chart album Billboard. Posisi tersebut mereka tempati pada minggu pertama bulan Oktober dengan total penjualan album 164.000, dan 4,9 juta streams. Ini berarti, hampir 95 persen pendukung prestasi SuperM hadir dari penjualan album.

Rolling Stone pun ikut angkat bicara soal ini. Mereka meluncurkan artikel bertajuk 'RS Charts: SuperM Take Number One With 'The 1st Mini Album''. Di bawah judulnya, tertulis bahwa penjualan album yang luar biasa mengantarkan boyband tersebut mengalahkan Summer Walker dalam chart Top Album Rolling Stone. Isi artikelnya penuh analisis dari sudut pandang mereka tentang apa yang membuat SuperM berhasil meraih nomor satu - meski jumlah orang yang mendengarkan lagu mereka secara streaming sedikit sekali dibanding Kevin Gates. Padahal, lagu 'By My Lonely' Kevin Gates berada di chart nomor 100, dan ia mendapat 4,8 juta streams. Jumlah tersebut, lebih dari angka streaming seluruh track dalam album SuperM bila dikombinasikan.

Rolling Stone menulis, kemenangan grup yang anggotanya berasal dari EXO, SHINee, NCT127 dan WayV tersebut bermula dari beberapa hal. Yang pertama adalah para fans melakukan kampanye media sosial secara masif, mengajak fans-fans lain membeli album sebanyak mungkin. Faktor lainnya adalah, SM Entertainment menjual album SuperM dengan cara bundling; beli album dapat merchandise, tiket tur, dan lain-lain. Album juga dijual dalam delapan versi yang berbeda. Pada paragraf terakhirnya, Rolling Stone menyebut kejadian ini sebagai 'Number One drama'.

Fans SuperM tak terima. Mereka menyebut banyak penyanyi lain yang melakukan penjualan bundling seperti SuperM, baik penyanyi Barat maupun BTS. Ramai-ramai, fans Korea SuperM menulis tagar dalam Bahasa Korea 'Shame of the Nation' untuk BTS, yang kemudian dibalas oleh fans Korea BTS dengan tagar 'Korea Pride BTS'. Awalnya pertarungan ini hanya antar fans Korea. Namun, tercium juga oleh fans internasional, hingga akhirnya mereka menerjemahkan tagar dan menjadikan 'Korea Pride BTS' berada di nomor satu Worldwide Trends Twitter.

'Pertarungan' tagar ini pun belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir. Kalau pun bukan tagar ini, bukan tidak mungkin nantinya akan muncul tagar-tagar lain. Duh, jangan berantem terus, ya! Dukung idola kalian dengan cara-cara yang positif saja.

Artikel Terkait
Entertainment
Lagi-lagi BTS Cetak Sejarah: Dapat Sertifikat Platinum dari Amerika Serikat

Entertainment
Coronavirus Serbu Amerika Serikat, 'Map of the Soul: 7 Tour' BTS Terancam Batal

Entertainment
BTS Ungkap Cerita di Balik MV 'ON' dan 'Black Swan' Serta Pilih Scene Favorit