Entertainment

Warner Bros Isyaratkan Tak Lagi Pakai Jared Leto Sebagai Joker

Drian Bintang

Posted on October 10th 2019


Source comicbook.com: Tiga Joker yang kontroversi, antara terbaik dan terburuk.

Film standalone Joker yang diperankan oleh Joaquin Phoenix meraup untung besar. Tapi, sepertinya tidak semua orang bahagia atas keadaan ini. Jared Leto merupakan salah satunya. Hollywood Reporter bahkan menggambarkan Jared saat ini sedang merasa terasingkan dari euforia Joker yang sedang melanda masyarakat dunia.

Joker sendiri merupakan seorang penjahat yang cukup ikonik di dunia DC comic. Kemunculannya selalu menjadi satu paket dengan musuh bebuyutannya, Batman. Selama ini, masih belum ada yang bisa mengalahkan duet yang dilakukan oleh Heath Ledger dan Christian Bale.

Selain sosok Jokernya yang dirasa mengena ke hati para penggemar. Pemeran Batman yang diperankan oleh Bale pun juga sangat cocok menggambarkan bagaimana Bruce Wayne sebenarnya. Hal ini kemudian membuat standar penggemar sangat tinggi untuk pemeran Batman dan Joker berikutnya. 

Memang, semua ini bukan salah Jared Leto dan Ben Affleck yang banyak mendapatkan kritikan. Hanya saja, ekspektasi penggemar saat ini sangat besar kepada pengganti duo ikonik tersebut. Ketika tidak terpenuhi, wajar saja jika banyak dari penggemar merasa berang.

Setelah Ben Affleck resmi meninggalkan DC Entertainment Universe (DCEU), kini giliran Jared Leto. Semenjak munculnya Joaquin Phoenix menjadi Joker, muncul kabar bahwa Jared tidak akan lagi digunakan perannya sebagai Joker.

Itu ditunjukan dari rilis resmi yang dilakukan dua film yang akan dirilis Warner Bros (WB) ke bioskop. Harley Quinn and the Birds of Prey, dan Suicide Squad yang disutradarai oleh James Gunn.

Dari kedua film tersebut, WB menyebutkan tidak akan menggunakan Jared sebagai cast yang ada di dalamnya. Asumsinya, Jared tidak akan lagi berkesempatan untuk memerankan Joker.

Mengingat WB hendak melakukan perombakan abis-abisan kepada Universe DC mereka. Terutama setelah Robert Pattinson resmi terpilih untuk memainkan Batman.

Kemungkinan besar, peran Joker pun akan dilakukan casting lagi. Mengingat, Joker yang disutradarai Todd Phillips itu adalah film yang tidak berasal dari komik, mau pun DCEU. Alias, benar-benar standalone, dari pemikirannya sendiri.

Ini tentu saja menyisakan duka yang mendalam bagi Jared. Dikabarkan, dia sangat kecewa terhadap keputusan WB tersebut. Bukan hanya karena dia sering dibully di media sosial oleh penggemar DC Comic di luar sana. Tapi karena banyak cut scene yang dia perankan di Suicide Squad, tapi tidak dimunculkan secara resmi. Baik di bioskop dan di editional cut di DVD. Padahal dia sudah mengerahkan semua kemampuan beraktingnya di scene-scene tersebut. 


Tidak hanya disejajarkan dengan mendiang Heath Ledger. Jared bahkan dikatai aktingnya memerankan Joker tidak bisa mengalahkan Jack Nicholson, yang memerankan Joker pada 1989. Saat itu, pemeran Batman-nya adalah Michael Keaton.

Sebenarnya, ini juga bukan sepenuhnya salah Jared. Terlepas dari kemampuannya bermain peran, jelek atau tidak, sebenarnya Joker yang dimainkannya memiliki potensi besar. Jika saja dia memiliki kesempatan untuk bersanding dengan Batman, seperti pendahulunya. Mungkin penggemar akan memiliki pandangan yang berbeda.

Yup, kita juga tidak bisa memukul rata akting Jared jelek di sini. Sebab, sebenarnya peran Joker baru terasa jika benar-benar disandingkan dengan Batman. Kecuali Joaquin Phoenix mylord.

Tarik saja contoh peran Joker yang diperankan Heath dan Jack. Keduanya berperan sebagai Joker yang merupakan penjahat utama di film. Ini membuat penonton sedikit banyak dipaksa untuk menikmati peran Joker tersebut.

Sedangkan Jared, hanya berperan sebagai cameo di film yang bahkan tidak berpusat ke dirinya. Dia hanya muncul sebagai kilas balik Harley Quinn di Suicide Squad.

Batman yang diperankan Ben Affleck pun juga memiliki nasib yang sama. Dia hanya menjadi satu dari tujuh karakter utama, yang muncul di Justice League. Ini membuat perseteruan antara Joker dan Batman kurang terasa.

Alhasil, baik peran Joker dan Batman-nya pun tidak terlalu kuat. Antara apes, atau memang tidak bisa bermain itu beda tipis sih. Tapi kalau menurut kalian sendiri gimana nih?

 

Artikel Terkait
Entertainment
Jared Leto Pernah Hendak Menghentikan Film Joker

Entertainment
Ini Kata Joaquin Phoenix dan Todd Phillips Soal Sekuel Film Joker

Entertainment
Mengapa Joker Absen dari 'Birds of Prey'?