Interest

Billboard 100 Sudah Ada Versi Indonesia

Bisa jadi acuan kamu update lagu lokal terpopuler

Delima Pangaribuan

Posted on September 26th 2019

Source: billboardid.com

Billboard dikenal sebagai platform tangga musik dunia. Berawal dari majalah musik yang berbasis di Amerika, Billboard kerap jadi rujukan buat penikmat musik di banyak negara. Mulai dari genre pop yang paling mainstream sampai yang genre yang lebih segmented seperti jazz atau country.

Lagunya macem-macem sih, tapi biasanya lebih banyak lagu Baratnya. Apalagi di jajaran Billboard 100, tangga lagu-lagu terpopuler di dunia. Indonesia mungkin pernah masuk, tapi gak sebanyak musisi Barat. Bahkan artis K-Pop yang masuk chart Billboard 100 aja udah hebat banget.

Source: bekraf.go.id

Nah, biar kita anak-anak Indonesia gak kudet-kudet banget alias kurang update sama lagu lokal, Billboard Indonesia kemarin ngeluncurin "Billboard Indonesia 100". Ini adalah tangga lagu khusus buat lagu-lagu Indonesia.

Chief Operating Officer Billboard Indonesia Aldo Sianturi bilang kalau hanya lagu-lagu berlirik Indonesia atau lagu-lagu asing yang ada lirik Indonesia-nya. "Sebenarnya simpel, yang penting liriknya ada bahasa Indonesia-nya," ujar Aldo seperti dilansir Medcom.

Lebih lanjut, Aldo menjelaskan kalau 100 lagu yang masuk chart ini dihitung otomatis dari jumlah lagu yang paling sering didengar masyarakat. Yang paling sering di-streaming di internet, di-request di radio, dan dinyanyikan di karaoke. 

Adanya Billboard Indonesia 100 ini jelas disambut antusias sama musisi Indonesia. Mereka punya satu lagi sarana buat mengukur seberapa luas lagu-lagu mereka dikenal. Jadi nggak cuma terpaku pada views YouTube saja atau streaming Spotify saja, misalnya.

Terus, lagu apa saja sih yang paling populer saat ini? Di peluncuran pertama kemarin, ternyata lagu "Cinta Karena Cinta" milik Judika yang merajai tangga lagu Billboard Indonesia 100. Disusul "Hanya Rindu" dan "Cinta Luar Biasa" milik Andmesh, "Rayu" dari Marion Jola dan Lale Iman Nino, dan "Adu Rayu" punya Tulus, Glenn Fredly, dan Yovie Widianto.

 
Artikel Terkait
Interest
Super KPop Festival 2019, Pesta Buat Multifandom

Interest
Season ke-3 Apex Legend Mendapatkan Karakter dan Peta Baru

Interest
Setelah 25 Tahun, All I Want For Christmas Is You Mariah Carey Puncaki Billboard