Interest

#GejayanMemanggil Masuk Trending Topic, Apa sih itu?

Drian Bintang

Posted on September 23rd 2019

ADA apa di Jogjakarta hari ini? Tagar #GejayanMemanggil telah tembus ke trending topic se-Indonesia. Posisinya berada di urutan pertama. Ketika dicek oleh tim mainmain sekitar pukul 11.22 tadi, sudah ada 91,5 ribu orang yang ngetwit tentang tagar tersebut. Keyword Gejayan juga menghiasai Google Trends sejak Minggu (22/9).

Ada apa sih sebenarnya di Jalan Gejayan Jogjakarta? Hari ini, tepatnya pada pukul 11.00, warga Jogja memang diajak kumpul di Jalan Gejayan untuk melakukan aksi. Mereka menentang beberapa isu terkini terkait hukum dan lingkungan yang sedang melanda tanah air. Mulai dari RKUHP, RUU KPK, dan kebakaran hutan yang merajalela. 

Rencananya, aksi akan dilakukan pukul 13.00 nanti di Jalan Gejayan. Namun, pengerahan masa memang dilakukan beberapa jam sebelumnya. Ada tiga titik yang digunakan untuk berkumpulnya masa sebelum melakukan aksi. Ketiga titik tersebut adalah Kampus Sanata Dharma, pertigaan revolusi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, dan Bunderan Universitas Gadjah Mada. 

Lalu kenapa kumpulnya di Gejayan ya? Begini ceritanya. Dipilihnya Gejayan sebagai titik kumpul karena terkait dengan peristiwa yang terjadi saat reformasi 1998 silam. Saat itu muncul istilah peristiwa Gejayan. Dikenal juga dengan sebutan Tragedi Jogjakarta.

Peristiwa berdarah terjadi di sana. Tepatnya 8 Mei 1998. Kala itu, sejumlah mahasiswa dan warga turun ke jalan menuntut reformasi dan turunnya Presiden ke-2 RI Soeharto. Terjadi bentrokan saat itu. Menyebabkan ratusan korban luka dan seorang meninggal. Korban meninggal bernama: Moses Gatutkaca.

Moses adalah mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dari Universitas Sanata Dharma, Jogjakarta. Ia menjadi korban tewas di peristiwa Gejayan karena menderita luka di bagian kepala. Untuk mengenang perjuangan Moses, nama Jalan Kolombo di daerah tersebut kemudian diganti dengan nama Jalan Moses Gatutkaca.

Btw, ketika peristiwa 1998 usia kalian masih berapa tahun ya? Atau jangan-jangan belum lahir? Hehehe. Sekarang sudah tahu kan apa itu Gejayan? Jadi, kalau pas liburan ke Jogjakarta jangan lupa mampir ke sana. Jalan-jalan juga ke Jalan Moses Gatutkaca.

Related Articles
Interest
Ini 10 Potret Kotagede, Yang Katanya Terindah Se Asia

Interest
On This Date : Selamat Ulang Tahun ke-74 Sri Sultan Hamengku Buwono X

Interest
Jokowi Masih Enggan Lockdown, Sejumlah Wilayah Pilih Tutup Akses Mandiri