Entertainment

Gosip BTS Wamil, ARMY pun Ribut

Delima Pangaribuan

Posted on September 20th 2019

 

BTS baru saja balik dari libur panjang mereka. Tapi, selama mereka absen dari dunia hiburan pun masih ada saja berita-berita yang muncul. Mulai dari masalah stalker, wajib militer, sampai Jungkook diem-diem pacaran!

Eh, gak kok. BigHit Entertainment sudah menegaskan kalau kabar pacaran itu cuma rumor. Fans BTS garis keras, ARMY, yang tadinya kasak-kusuk pun mulai tenang. Tapi ketenangan itu gak berlangsung lama, karena mereka diributkan lagi soal berita BTS wamil.

Billboard baru saja merilis artikel soal wamil boyband kebanggaan Korea Selatan ini. Dalam artikel itu disebutkan bahwa BTS gak akan mendapat keistimewaan dari pemerintah Korea Selatan agar bisa bebas wajib militer.

Semua cowok Korea Selatan antara 18-28 tahun memang diwajibkan ikut pelatihan militer selama 2 tahun. Memang gak semua kena kewajiban itu dengan kondisi khusus. Misalnya sakit dan ada surat keterangan dari dokter, atau yang bersangkutan punya prestasi membanggakan banget dengan membawa nama negara. Contohnya atlet peraih medali di Olimpiade.

Nah, banyak netizen pun berspekulasi bahwa ada kemungkinan BTS dibebaskan dari wamil. Karena toh mereka sudah sangat populer di seluruh dunia dan kerap mewakili Korea Selatan dalam forum-forum internasional. Intinya, membanggakan nusa bangsa Korea, deh. 

Billboard pun menulis bahwa perwakilan BTS menampik kabar tersebut. Mereka tidak akan mangkir dari wamil atau diperlakukan spesial. Sama seperti warga negara Korsel lainnya, mereka akan menjalani kewajiban tersebut. Bahkan, muncul usulan dari netizen bahwa ketujuh personel itu ikut wamil bareng.

Kebetulan member tertua mereka, Kim Seokjin, bakal berusia 28 tahun (umur Korea) tahun depan. Artinya dia mau gak mau harus masuk wamil. Nah kalau Seokjin wamil, BTS tinggal berenam dong? Daripada gak komplet, mending semuanya saja ikut wamil bareng. Toh usia member paling muda, Jeon Jungkook, sudah 23 tahun umur Korea. Sudah memenuhi syarat.

Ternyata, berita itu pun mendapat respon beragam dari ARMY. Sebagian nyinyir di media sosial. Mereka heran kok bisa-bisanya Billboard menulis ARMY meminta BTS wamil bareng. Misalnya seperti yang disampaikan beberapa ARMY internasional ini.

 

BTS will not be exempted from compulsory military service at home in South Korea, but the #ARMY is asking officials to let them serve together https://t.co/z4tZYZnucr

 

 

Beberapa ARMY protes karena merasa gak terwakili sama artikel Billboard itu. Mereka gak minta BTS wamil bareng atau BTS gak wamil sekalian. Mereka juga mengkritik soal bagian artikel yang bilang BTS membantah pengistimewaan. "Memang siapa juga yang minta dispesialin?" Gitu lah kira-kira.

Kalau menurut kamu sendiri, sebaiknya BTS wamil bareng atau enggak, nih? Yang jelas kalau mereka wamil, statusnya bakalan sama nih kayak fans-nya. ARMY!

Related Articles
Entertainment
Kenalan dengan Adora, Produser dan Vokal Perempuan di Balik Kesuksesan BTS

Entertainment
Spoiler Single Pertama Album Comeback BTS: Black Swan

Entertainment
BTS "Boy With Luv" Berhasil Mengalahkan Rekor BLACKPINK!