Interest

Hideo Kojima Kembali Luncurkan Teaser Death Stranding

Drian Bintang

Posted on September 16th 2019

 

BELUM keluar saja permainan yang satu ini sudah membuat heboh. Death Stranding. Permainan karya Hideo Kojima itu, saat ini, memang menjadi pembicaraan nomor satu bagi para gamer. Gambar yang memukau, dan storyline yang tidak bisa dinalar oleh orang pada umumnya menjadi sebuah kelebihan game ini.

Pada Tokyo Game Show (TGS) 2019 lalu, Hideo memutuskan untuk kembali memberikan teaser kepada penggemar setianya. Permainan ini, memang baru akan diluncurkan November mendatang. Namun, seakan ingin menambah rasa penasaran penggemarnya, Hideo dan Sony Interactive Entertainment, memutuskan untuk menjabarkan permainan yang akan dirilis di PlayStation 4 tersebut sedikit demi sedikit. Kali ini, Hideo mempertunjukan kamar Sam, tokoh protagonis utama dalam permainan ini.

Review tersebut, dilakukan oleh Hideo secara langsung. Pertunjukan ini, dilakukan pada hari pertama TGS dibuka, pada Kamis (12/9) lalu. Demo tersebut, berlangsung selama 30 menit. Sayangnya, hanya pebisnis yang bergulat di dunia game, dan awak media saja yang diperbolehkan melihat demo secara langsung. Sebab, pada dua hari pertama pembukaan TGS, hanya diperuntukan kepada kalangan tertentu saja. Eits, tapi jangan kuatir, video demo yang dilakukan Hideo tersebut, kini sudah bisa diakses dari YouTube.

Dari demo tersebut, Hideo menunjukan bagaimana Sam dan pemain bisa berinteraksi secara langsung. Sejatinya, kamar Sam tersebut, dibentuk agar pemain bisa melakukan kostumisasi terhadap beberapa perlengkapan yang digunakannya sehari-hari. Seperti aksesoris berupa topi, kacamata, dan gogglenya yang bisa diubah warnanya. Pemain juga bisa melakukan kostumisasi terhadap senjata yang biasa Sam gunakan di permainan.

Bukan Hideo namanya jika dia hanya membuat scene yang begitu-gitu saja. Bahkan, dalam scene pergantian baju seperti ini. Dia memberikan sedikit sentuhan, agar pemain seolah bisa benar-benar melakukan interaksi dengan Sam yang ada di layar kaca.

Ketika masuk ke kamar Sam, pemain akan berada di perspektif pengelihatan ketiga. Seperti yang ada di demo yang diperlihatkan Hideo, pemain memulai perjalanan mengganti baju dengan Sam yang sedang terkapar di tempat tidur. Saat itu, Sam terlihat sangat lusuh, karena dipenuhi oleh kotoran berwarna hitam. Asumisnya, dia baru saja melakukan misi dan terjatuh ke upside-down world.

Pemain bisa meminta Sam untuk segera membersihkan bajunya dengan menggunakan konsol PlayStation 4-nya. Hal tersebut akan direspon Sam dengan menunjuk ke kamar mandi dengan malas-malasan. Seolah dia memang sedang disuruh ibunya, untuk mandi.

Gestur Sam menunjuk tersebut, Hideo gunakan sebagai konfirmasi ulang, apakah pemain ingin meminta karakter tersebut untuk mandi. Transisi ini tergolong apik, jika dibandingkan dengan game lain yang hanya memunculkan kotak berisi dialog yang mengonfirmasi perintah yang dimasukan oleh pemain melalui konsol.

Interaksi lain, juga ditunjukan Hideo ketika dia mencoba untuk sedikit nakal. Perspektif kamera yang digunakan oleh pemain, dia coba arahkan ke bagian tubuh Sam yang paling bawah. Hal tersebut, mendapatkan reaksi yang buruk pula dari Sam. Dia langsung, mengangkat kamera yang di hadapannya, seakan benar-benar dilihat secara langsung. Jika itu dilakukan sebanyak tiga kali, Sam akan marah dan memukul layar kaca anda yang Sam anggap sebagai kamera.

Kamera yang dimaksud ini, merupakan kamera yang terpasang di BB, alias janin dalam wadah yang selalu dibawa Sam setiap permainan. Janin yang sudah berbentuk bayi tersebut mereka fungsikan sebagai alat penyimpanan virtual.

Salah satu fungsi lainnya juga bisa digunakan sebagai kamera pengintai. Jika diletakan di sebuah penyangga yang kemudian bertindak seperti rahim ibu. Jadi ketika melihat Sam memukul layar kaca anda, sebenarnya dia sedang memukul bayi kecil yang ada di wadah plastik yang sedikit aneh tersebut. Bukan Hideo namanya jika peralatan yang digunakan tidak aneh seperti ini.

Death Stranding, sendiri merupakan game yang bergenre action, adventure. Ceritanya, berpusat kepada karakter bernama Sam ini. Dia merupakan seorang penghubung, antara peradaban manusia yang sudah terlewat maju dan alam yang ada di sekitarnya.

Di sebuah kemungkinan di masa mendatang, ceritanya manusia kini sudah hidup di dalam sebuah tembok. Sebab, planet menyerupai Bumi yang mereka tinggali itu sudah tidak sehat bagi makhluk hidup yang hidup di dalamnya. Selain beberapa senyawa kimia yang akan membahayakan manusia, ketika disentuh atau terhirup. Juga ada beberapa makhluk lain yang tinggal di upside-down world. Manusia yang masih hidup pun bertahan sekuat tenaga untuk tetap bertahan hidup.

Selama bertahun-tahun ternyata planet tersebut sudah mulai bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Mereka yang sudah bosan hidup di balik tembok pun berusaha kembali hidup di planet yang mereka tinggali secara utuh. Nah di sini lah peran penting Sam akan dimainkan. Dia bertindak sebagai penjembatan kembalinya peradaban manusia secara seutuhnya.

Bukan hanya halusnya grafis dan storyline yang jadi perbincangan. Permainan ini juga menimbulkan kontroversi lain semenjak pertama kali dicetuskan. Pada 2015 lalu, Hideo Kojima sudah berpikir untuk membuat permainan lain di luar Metal Gear Solid. Sayangnya, di tahun yang sama, kontraknya dengan Konami pun diputus secara  

Seperti tidak terima, Hideo pun mendirikan sendiri perusahaan gamenya yang bernama Kojima Productions. Penggarapan Death Stranding pun mulai dikerjakan pada 2016 lalu. Pengerjaannya baru saja selesai di awal 2019 ini. Dia pun bekerjasama dengan Sony Interactive Entertainment untuk meluncurkan permainan hanya ada PlayStation 4 saja. Hideo juga memutuskan untuk menggunakan salah satu aktor di Walking Dead, Norman Reedus untuk mengisi suara dan memainkan peran sebagai Sam.

 

 

Related Articles
Interest
Death Stranding Sudah Bisa Dimainkan di PlayStation 4

Interest
Terjawab Sudah Apa yang Bisa Dilakukan Bersama Keanu Reeves di Cyberpunk 2077

Interest
Hebat! Belum Sebulan Dirilis, 'Death Stranding' Masuk Nominasi Game of the Year

Meet The Creator



Drian Bintang

Quote Of The Day

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda