Interest

Pokemon Masters: Hadirnya Karakter dan Pokemon Semua Generasi

Drian Bintang

Posted on September 15th 2019

 

ADA kabar gembira bagi penggemar pokemon di luar sana. Pada awal bulan September ini, pokemon kembali merilis permainan barunya di Android. Namanya adalah Pokemon Masters. Berbeda dengan permainan yang pernah mereka rilis untuk platform yang sama, Pokemon Go. Kali ini, permainan Pokemon Master lebih mengarah ke permainan Role-Play Game (RPG). 

Memang, jika dibandingkan dengan permainan pokemon berbasis RPG yang ada di konsol Nintendo, Pokemon Masters cukup tertinggal jauh. Pemain tidak bisa melakukan eksplor secara manual, di kota yang digunakan sebagai latar belakang permainan. Eksplor, lebih dilakukan secara otomatis dengan memilih beberapa pilihan yang ada di menu.

Bedanya, permainan ini memiliki fitur yang bernama sync pair. Pemain tidak lagi menangkap Pokemon liar yang mereka temukan di hutan. Pokemon yang mereka gunakan, merupakan Pokemon yang dimiliki oleh trainer lainnya. Dalam permainan, player harus merekrut trainer tersebut, untuk menggunakan Pokemonnya di permainan.

Trainer tersebut, bukan non playable character (NPC) yang biasa menghalangi pemain ketika hendak melintas. Beberapa NPC yang bisa direkrut, merupakan karakter-karakter penentu, di beberapa generasi pokemon sebelumnya. Seperti ketika pertama kali pemain memulai Pokemon Masters. Pemain akan dipasangkan dengan Brock dan Misty dengan pasangan Pokemonnya, Onix dan Starmie.

Siapa sih yang tidak kenal dengan kedua karakter ini? Ya, mereka merupakan tim pertama yang dibentuk oleh Ash/Satoshi, ketika generasi Pokemon pertama kali dibentuk. Bedanya, kini Brock dan Misty merupakan seorang Gym Leader. Sekarang, kalian akan bertindak sebagai Satoshi, dan memulai petualangan. Beberapa Gym Leader dari generasi pokemon lainnya pun juga akan hadir sebagai karakter yang pokemonnya bisa dimainkan. Karakter-karakter tersebut, bisa didapatkan dengan menukar gems ke mesin berbasis gacha. 

Gems tersebut diperoleh dari transaksi yang dilakukan player menggunakan mata uang sungguhan. Namun, pemain juga bisa mendapatkan gem dari menyelesaikan beberapa misi yang ada di dalam permainan. Gems tersebut kemudian dibedakan menjadi dua: paid gems dan gems biasa.

Di dalam permainan, gems yang diperoleh dari penyelesaian misi merupakan gems biasa. Ada beberapa transaksi yang tidak bisa menggunakan gems tersebut. Tapi sejauh ini, gems biasa masih bisa digunakan untuk scout sync pair, dan mendapatkan trainer yang memiliki pokemon lain.    

Permainan ini mengambil latar belakang Pulau Pasio. Biasanya, setiap pulau memiliki generasi pokemon yang berbeda-beda. Namun, Pulau Pasio ini berbeda, pokemon yang ada di dalamnya merupakan pokemon-pokemon yang pernah muncul di setiap generasi pokemon sebelumnya. Jadi jangan berharap, akan adanya spesies pokemon baru yang muncul di sini.

Pertandingan di Pokemon Masters dilakukan secara 3v3. Artinya, pemain harus membentuk tim yang berisi tiga karakter, dan pokemon. Nanti, mereka akan bertemu dengan lawan yang juga akan memiliki jumlah yang lebih banyak.

Pertandingan dilakukan secara bergantian. Jika ada satu karakter yang kalah, maka akan ada karakter lainnya yang maju dan menggantikan. Sayangnya, hal ini tidak bisa diterapkan kepada karakter yang dimiliki pemain. Jika ada satu karakter mereka yang kalah, maka pertandingan harus dilanjutkan dengan dua karakter yang tersisa. Jadi pastikan karakter kamu, berada di level yang benar-benar mumpuni untuk melawan lawan yang kuat.

Karena berbasis sync pair, karakter di Pokemon Masters ini pun bisa melakukan Sync Move. Ini merupakan jurus andalan, yang mulai ada semenjak generasi Pokemon di Sun and Moon. Di mana pokemon milik pemain, melakukan sinkronisasi gerakan dengan trainer dan membuat sebuah serangan baru. Dalam Pokemon Masters, ini bisa dilakukan jika pemain sudah melakukan beberapa kali serangan.

 

Setiap karakter akan memiliki sync move yang berbeda-beda. Beberapa ada yang melakukan serangan tertentu. Ada pula, yang mengubah Pokemonnya ke Mega Evolutionnya. Seperti yang dilakukan oleh salah satu karakter bernama Korrina. Ketika melakukan sync move, Korrina akan mengubah Pokemonnya, Lucario ke dalam tahap Mega Evolution.

Perubahan tersebut, akan tetap berlaku seusai sycn move dilakukan. Lucario, akan tetap berada di Mega Evolutionnya. Dalam tahap tersebut, beberapa serangan yang dilakukan oleh Lucario pun akan berbeda pula. Jadi pemain, bisa menggunakan beberapa mega evolution tertentu dari beberapa poekmon di Pokemon Masters ini.

Keseluruhan permainan,akan berpusat kepada story. Meskipun nantinya, akan ada beberapa misi yang bisa dilakukan oleh pemain. Biasanya, misi tersebut dilakukan untuk menaikan level trainer dan pokemon mereka. Namun, dalam beberapa kesempatan, juga akan ada event yang melibatkan beberapa trainer baru. Pemain bisa mengikuti event tersebut, dengan kemungkinan akan mendapatkan trainer tersebut.

Seperti pada event Reach for The Top. Dalam event ini, pemain akan memiliki kesempatan untuk menggunakan Blue. Dia adalah karakter antagonis, yang selalu menjadi saingan satoshi/ash di anime pokemon generasi pertama.

Dalam Pokemon Masters ini, Pokemon yang disandingkan oleh Blue adalah Pidgeot. Dia memiliki sync move yang sama seperti Korrina dan Lucario. Blue akan mengubah Pidgeot ke tahap Mega Evolution. Jadi, jangan sampai ketinggalan setiap eventnya. Download Pokemon Masters sekarang juga!

Related Articles
Hobi
Pokemon Go Munculkan Mega Pidgeot di Event Mega September

Interest
Pokemon GO Siapkan Online Battle antar Pemain

Interest
Mario Kart Tour dan Usaha Nintendo Menembus Pasar Mobile Game