Interest

Yuk Cobain MOBA Rasa Anime

Review Extraordinary Ones: Anime-style 5V5 MOBA

Drian Bintang

Posted on July 31st 2019

BOSEN main MOBA (multiplayer online battle arena ) yang begitu-begitu aja? Coba saja Extraordinary ones: Anime-style 5v5 MOBA. Seperti judulnya, permainan MOBA yang satu ini memiliki konsep layaknya anime.

Seluruh karakter, maupun latar belakang dari arena ini pun dibangun berdasarkan konsep dua dimensi (2D), bahkan menyerupai anime. Latar belakang kisahnya pun berasal dari sebuah Inhuman Academy. Bercerita tentang beberapa anak SMA di Jepang.

Masing-masing dari mereka memiliki kekuatan tersendiri. Tak jarang, beberapa siswa dari sekolah tersebut terlibat perkelahian. Nah, di sinilah, MOBA tersebut berlangsung. Masing-masing karakter akan menunjukan kebolehan mereka masing-masing.

Ada setidaknya lebih dari puluhan karakter yang bisa dimainkan. Pada closed beta test (CBT)-nya saja, permainan ini sudah memiliki 43 karakter yang bisa dimainkan. Masa CBT tersebut, dimulai pada 19 hingga 27 April yang lalu. Mereka yang bisa menikmati CBT Extraordinary Ones, mendapatkan kesempatan untuk memainkan permainan ini dengan konsep awal.

Di Asia Tenggara sendiri, permainan ini resmi diluncurkan pada 10 Juli yang lalu. Bisa dimainkan di semua ponsel Android. Tapi, ruang yang dibutuhkan untuk menginstall permainan ini pun cukup besar. Pemain setidaknya harus mengosongkan ruang sebanyak 2,5 Gb. Sebab, estimasi ruang yang dipakai oleh permainan tersebut sebesar 2,1 Gb.

Seperti permainan MOBA pada umumnya, karakter di Extraordinary Ones juga memiliki skill yang berbeda-beda. Ada petarung yang memiliki skill close ranged fight. Ada pula beberapa karakter yang juga ahli dalam long ranged fight. Ada pula karakter yang juga ahli dalam menggunakan sihir, sebagai wizard.

Di awal permainan, playar akan diminta memilih beberapa pilihan karakter. Salah satunya, merupakan karakter bernama Ginny. Dia adalah karakter petarung dengan tipe close ranged fight. Dalam Extraordinary Ones, dia digambarkan sebagai seorang siswa SMA berkepala botak. Kekuatannya, adalah untuk mengeluarkan api di tangan dan kepalanya. Seperti kekuatannya, Ginny juga digambarkan sebagai seorang berandalan sumbu pendek. Alias, karakter yang selalu membuat onar di sekolah bak preman yang ada di setiap anime.

Bagaimana skill karakter ini? Skill pertama Ginny bernama Fist of Flame. Dengan skill ini, dia bisa memberikan physical damage kepada siapa saja musuh yang menjadi targetnya. Dia menyerang menggunakan kepalan tangan kirinya. Ketika pemain menggunakan ini, Ginny akan segera melesat ke arah target dan mengenai musuhnya. Ini juga bisa digunakan sebagai dash. Ketika jarak antara pemain dan musuh cukup jauh.

Skill kedua Ginny bernama Fire Storm. Skill ini, merupakan skill yang menyerang lawan dalam jarak yang ada di dekatnya. Dia akan mengeluarkan sebuah lingkaran api yang mengelilinginya. Lingkaran tersebut, kemudian kembali ke arah karakter berada menyerupai hula hoop. Praktis, musuh yang ada di jangkauannya akan mendapatkan dua kali damage.

Sementara itu, skill ketiga alias pamungkas yang dimiliki Ginny adalah Crimson Fire. Skill ini juga bisa berguna sebagai dash. Bedanya, skill ini bisa menyerang lawan dalam jarak yang lebih besar dari skill pertamanya. Karakter akan melompat setinggi-tingginya, lalu menyerang musuh dari atas. Sekali ditetapkan sebagai target tak ada satu pun yang bisa menghindar.

Seperti permainan MOBA lainnya. Permainan ini juga menerapkan in-game app purchase alias pembelian item tertentu di dalam permainnya. Beberapa item yang bisa dibeli antara lain adalah Hero, mata uang di dalam permainan, juga skin dari hero. Pemain juga bisa berlangganan untuk mendapatkan beberapa item lain setiap harinya. Bedanya, dalam permainan ini, pemain bisa melakukan custom skin pada karakter kesukaan mereka.

Agar bisa melakukan custom skin, pemain harus membeli sebuah paket previlege. Setelah itu pada hari ke-8, mereka akan mendapatkan item bernama Chosen One. Dengan item ini, pemain bisa menjalankan misi untuk mendapatkan Dye item. Nah, dye item inilah yang bisa ditukarkan dengan custom pilihan warna untuk skin karaktermu.

Memang, perubahan yang dihasilkan dari dye custom ini tidak sesignifikan pembelian skin pada sebuah karakter. Hanya saja, ini bisa memberikan sense of belonging pada karakter yang kita sukai. Sekaligus untuk penanda, bahwa ketika menggunakan warna tersebut, adalah pemain tertentu yang memainkan.

Related Articles
Interest
Mau Ujian Sekolah? Empat Games Ini bakal Bikin Nilaimu Makin Tinggi

Interest
League of Legends Segera Hadir di Smartphone

Interest
Hideo Kojima Kembali Luncurkan Teaser Death Stranding

Meet The Creator



Drian Bintang

Quote Of The Day

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda