Interest

Mengapa Instagram Berencana Hapus Jumlah Likes?

DBL Indonesia

Posted on July 24th 2019

BEBERAPA hari belakangan warganet dihebohkan berita tentang rencana Instagram yang akan menyembunyikan jumlah likes. Apalagi kebijakan itu sedang diujicobakan di beberapa negara seperti Australia, Brazil, Kanada, Irlandia, Italia, Jepang dan Selandia Baru.

Ya, pengguna Instagram di tujuh negara tersebut sudah tak bisa melihat jumlah likes yang biasa terpampang di foto atau video. Dikutip dari BBC, Direktur Kebijakan Facebook Australia dan Selandia Baru Mia Garlick mengungkapkan, kebijakan itu punya tujuan positif. Untuk mengurangi tekanan atau penghakiman terhadap pengguna ketika postingannya tak mendapatkan likes dalam jumlah besar.

Tak hanya pengguna dari tujuh negara tersebut yang mempermasalahkan kebijakan itu. Para influencer atau selebgram dari berbagai negara juga risau dengan penghapusan tampilan likes tersebut. Termasuk yang berasal dari Indonesia. 

Sebab, jika penghapusan tampilan likes itu juga diberlakukan, maka para selebgram bakal turut merasakan dampaknya. Mereka tentu tak bisa memamerkan jumlah likes pada postingannya. Padahal jumlah likes itu biasanya digunakan sebagai patokan untuk menjadikan akun tersebut sebagai publisher iklan atau endorse.

Banyak spekulasi berkembang mengiringi kebijakan tersebut. Ada yang menduga Instagram ingin memaksimalkan fitur iklannya (Instagram Ads). Dengan menghapus tampilan jumlah likes itu, kemungkinan besar pengiklan akan langsung menggunakan fitur Instagram Ads. Tak perlu menggunakan jasa selebgram.

Namun ada juga yang berspekulasi bahwa kebijakan itu berkaitan dengan pendekatan psikologi untuk pengguna Instagram. Terutama pengguna anak-anak. Sebab, hasil survei yang dilakukan OnePoll mengungkapkan, 1 dari 5 anak merasa stres jika jumlah likes di postingan Instagramnya sedikit.

Jika uji coba ini bakal menjadi kebijakan tetap, maka kalian yang berbisnis endorse dari Instagram harus siap-siap cari jalan lain. Banyak jalan menuju Roma. Banyak platform media sosial yang bisa kalian jadikan channel marketing.()

 

Related Articles
Interest
Perjalanan @tempatbercakap Hingga Menjadi Bahan Percakapan

Interest
Haluu, How Are You? Tempat Berburu Foto Paling Hits!

Interest
Edit Foto Pakai Lightroom CC Dengan Preset Ini Biar Foto Instagram Makin Keren!

Meet The Creator



Delya Oktovie Apsari

Quote Of The Day

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda