Interest

Apasih Monkeypox itu?

Mainmain.id

Posted on May 15th 2019

Beberapa hari ini Indonesia dalam kondisi siaga. Adanya wabah virus monkeypox atau yang biasa dikenal cacar monyet jadi alasannya. Penyakit langka ini bahkan sudah menyerang negara Singapura.

Akhir pekan lalu otoritas Singapura melaporkan bahwa seorang warga Nigeria terbukti terjangkit dan membawa penyakit tersebut. Tak hanya itu, 23 orang lainnya juga terindentifikasi monkeypox dan sedang dalam karantina.

Melihat kondisi yang genting ini, pemerintah Indonesia langsung tanggap. Pencegahan pun dilakukan dibeberapa titik. Seperti bandara di Kepulauan Riau dan Batam, yang memasang thermal scan atau alat pendeteksi suhu tubuh.

Sebenarnya monkeypox atau cacar monyet ini bukanlah penyakit yang baru. Tecatat dalam organisasi kesehatan dunia, WHO, wabah ini muncul pertama ditahun 1970. Awal penyebarannya terjadi di benua Afrika.

33 tahun berselang, penyakit ini baru keluar dari benua Afrika. Laporan dari BBC, setidaknya ada beberapa kasus yang serius di negara lain. Seperti 2003 di Amerika Serikat dan 2018 di Inggris.

Penularan cacar monyet ini disebabkan oleh dua hal, yaitu kontak langsung dengan hewan liar. Dan mengkonsumsi daging hewan liar. Gejala yang ditimbulkan cacar monyet ini sama dengan penyakit cacar pada umumnya yang diikuti gejala lebih spesifik.

Awalnya korban akan merasa demam yang diikuti lemas, pusing, sakit persendian. Namun jika tak segera diobati, maka gejala seperti ruam pada kulit yang berbentuk bitnik kemerahan berisi cairan dan nanah. Hingga sampai pembesaran kelenjar getah bening.

Tenang, monkeypox ini bukan penyakit mematikan. Virus ini pun masih bisa disembuhkan dengan vaksin cacar pada umumnya. Tapi ingat, kalian harus hati-hati saat bepergian ke daerah lain ya.

Related Articles
Interest
Hago, Games Anti-Bosan!

Interest
Kemana Sampah Elektronik Kita Dibuang?

Interest
Beberapa Hal Ini Bikin Sistem Pendidikan Indonesia Jadi Jahat

Meet The Creator



DBL Indonesia

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI