Opinion

Aktif di Organisasi Bisa Ganggu Prestasi Akademik?

Ferliansyah

Posted on June 10th 2018

 

Di masa SMP, SMA pasti kenal dong dengan yang namanya OSIS. OSIS atau  Organisasi Siswa Intra Sekolah, merupakan salah satu contoh organisasi yang ada di lingkungan sekolah. Nggak cuma OSIS, ada berbagai macam organisasi lain yang bisa kita ikutin di dalam maupun di luar sekolah.

Enggak hanya di masa SMP-SMA, ketika nanti kalian memasuki dunia perkuliahan pun, ada banyak banget organisasi yang bisa kalian ikuti. Ada yang berbentuk organisasi resmi kampus, komunitas, organisasi sosial, hingga organisasi minat dan bakat mahasiswa alias UKM.

Sayangnya ketika awal-awal masuk kuliah, pasti kalian bakal sering banget dengar omongan: “Nanti kalo udah mulai kuliah, fokus belajar aja. Enggak usah ikut sana-sini (organisasi) di kampus, ntar kuliahmu terganggu. Mau jadi mahasiswa abadi?”. Buat mereka yang emang hobi banget aktif di berbagai organisasi, ucapan kayak gini pasti mengganggu banget. Bener nggak sih kalo aktif organisasi di kampus bikin prestasi kuliah turun?

Nah, sebelum nge-judge, coba kalian simak dulu beberapa manfaat dari berorganisasi.

Sumber pengalaman

Organisasi adalah sumber pengalaman dan pembelajaran yang enggak bakal kalian dapetin di tempat lain. Karena setiap kegiatan dan aktivitas bakal memberi nilai lebih buat kalian. Berbagai kesalahan yang mungkin pernah kalian alami saat mengurus organisasi, akan menjadi cermin agar kalian bisa lebih baik dan berani ke depannya.

Mengasah softskill, bekal di dunia kerja

Well, Softskill ini berhubungan dengan cara kita mengatur diri sendiri dan orang lain. Bagaimana mengarahkan, memimpin, dan mencari penyelesaian yang terbaik di setiap situasi. Organisasi juga akan mengajarkan kita cara bekerja secara tim, menerima dan menjalankan perintah, disiplin diri, hingga mencari cara yang tepat untuk mencapai tujuan. Hal-hal ini nih yang bisa jadi bekal dan pengalaman ketika kalian masuk di dunia kerja ataupun mau mendirikan usaha.

Menyalurkan dan mengembangkan bakat dan minat

Kalian bisa main musik? Jago sepak bola? Atau bakat-bakat lainnya, tapi merasa kurang percaya diri dan merasa bakat kalian enggak berkembang coba deh ikut organisasi yang bisa menyalurkan bakat kalian. Di situ, kalian bisa lebih banyak mendapatkan informasi dan bertukar keahlian dengan anggota lainnya. Jadi bakat dan minat kalian bisa lebih terasah deh.

Memperluas jaringan

Ketika ikut dan aktif berorganisasi, kalian akan bertemu dengan anggota-anggota lain yang berbeda jurusan atau fakultas. Nggak jarang, ada pula yang berbeda usia atau semester akademik. Lewat teman-teman baru inilah jaringan kalian bertambah. Sehingga bila kalian butuh informasi atau pertolongan, selalu ada tempat untuk meminta bantuan. Ingat kan, kalo manusia itu makhluk sosial?

Melihat berorganisasi di kampus memberi banyak hal positif, jadi nggak adil kan kalau kita menganggap organisasi akan menurunkan prestasi akademik mahasiswa? Karena hal tersebut ditentukan oleh diri kita sendiri.  Banyak kok mahasiswa yang sukses di organisasi, tetapi juga mampu menyelesaikan kuliahnya dengan sangat baik. Malah dia lulus dengan gelar pujian dan waktu yang tepat.

Terjun langsung di masyarakat enggak cukup hanya bermodalkan gelar aja. Selain pandai dalam hardskill dan teori, kita dituntut untuk mampu memiliki softskill dan pengalaman. Sekali lagi, itu semua bisa kamu dapat lewat organisasi. 

Related Articles
Opinion
Harus Banget Masuk Jurusan Bergengsi?

Opinion
Kuliah di Taiwan, Nggak Perlu Modal Bahasa Mandarin?

Opinion
Uang Beasiswa Malah Buat Hedon?