Pop-Sci

Rilis Braille Bricks, LEGO Bantu Anak Tunanetra

Ridho

Posted on May 10th 2019

Masih ingat kan sama mainan LEGO? Minggu lalu, LEGO telah mengeluarkan edisi terbarunya. Yap, satu set balok terbaru ini punya keistimewaan tersendiri.

Mainan baru itu bernama LEGO Braille Bricks. Sesuai Namanya, keistimewaan terletak pada fungsinya sebagai peranti bagi tunanetra. Tak hanya anak-anak, dewasa pun bisa menggunakan mainan ini untuk mempelajari aksara braille. 

Konsep ini tak murni dari LEGO sendiri. Ditahun 2011, Asosiasi Tunanetra Denmark (Danish Association of the Blind) mengusulkan kepada LEGO Foundation, sebuah Yayasan milik LEGO yang punya misi mengembangkan metode pembelajaran melalui permainan.

Sebanyak 250 buah blok jenis ini meliputi alfabet braille yang lengkap. Mulai dari angka, simbol matematika, hingga inspirasi pengajaran dengan permainan interaktif.

Kesempatan interaktif ini dimaksudkan untuk membangun kemampuan dan aspirasi dari para anak yang memiliki kesulitan melihat selayaknya anak-anak lain, sekaligus memotivasi mereka untuk mempelajari Braille lewat media permainan yang inklusif.

LEGO Braille Bricks ini salah satu cara memerangi buta aksara yang terjadi di dunia. Menurut catatan WHO, lebih dari 19 juta anak di dunia adalah penyandang tunanetra atau kesulitan melihat lainnya.

Lewat mainan balok ini, LEGO memberikan beberapa manfaat positif bagi tunanetra. Dikutip dari Very Well Health, orang tunanetra yang mampu membaca braille akan lebih mudah memahami dasar struktur kalimat dan tanda baca.

Tak hanya itu, orang yang mampu membaca huruf braille dianggap lebih mandiri. Karena huruf braille lebih umum dijumpai pada fasilitas public ketimbang perangkat audio.

Akan tetapi LEGO Braille Bricks ini diproduksi dalam jumlah terbatas. Mainan ini hanya dipasarkan untuk 300 orang anak saja.

Dalam edisi kali ini, Dorina Nowill Foundation for the Blind, sebuah yayasan untuk tunanetra yang berbasis di Brasil coba menggalang dukungan bagi para tunanetra. Mereka mengajak semua orang untuk membuat pesan dalam huruf braille sendiri lewat sebuah situs yang sudah disediakan. Dan juga berusaha memberi dukungan dengan tagar #BrailleBricksforAll. 

Related Articles
Pop-Sci
Kenapa sih Rindu Itu Berat?

Pop-Sci
Ini Alasan Kenapa Kopi selalu Identik dengan Anak Indie

Pop-Sci
Keunggulan Redmi Note 7 Pro Dipamerkan Bos Xiaomi

Meet The Creator



Mainmain.id

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI