Interest

Mengenal Mica, Bahan Dasar Highlighter Wajah

Suka penasaran nggak sih makeup kamu terbuat dari apa?

Fidya Citra

Posted on May 10th 2019

Estee Lauder higlighter (via: ester lauder)

Siapa di sini yang suka makeup? Pasti bagian masang highlighter di wajah jadi salah satu yang ditunggu-tunggu banget kan! Tapi sebenarnya kalian tahu nggak sih bahan dasar pembuatan highlighter?

Mica atau silicate minerals adalah bahan dasar highlighter. Mica memiliki julukan sebagai gliter natural, sebab ketika kandungannya dihancurkan akan memberi efek shimmering atau glittery. Nggak cuma buat highlighter aja, namun Mica juga dijadikan bahan dasar barang lainnya seperti pasta gigi hingga cat mobil.

Mica dipilih menjadi salah satu bahan dasar utama dalam berbagai makeup karena berdasarkan Journal of the Clay Society of Japan kandungan Mica yang pas dapat menghasilkan makeup yang mampu mengoreksi wajah dengan baik dan tetap natural seperti dalam bentuk contour dan highlighter

Sayangnya, kemampuan Mica memperindah wajah belum sejalan dengan fakta kelam dibalik pencarian bahan bakunya. India lebih tepatnya kota Jharkhand merupakan wilayah yang paling banyak menyimpan Mica di dunia. Dari dua kota di India, yakni Jharkhand dan Bihar saja mampu memasok 25% produksi dunia.

Dengan banyaknya bahan dasar Mica yang dibutuhkan, tidak sejalan dengan harga yang dibayarkan untuk Mica tiap kilogramnya yakni sekitar 3-10 rupee atau 600-6000 rupiah. Alhasil, anak-anak di bawah umur terlibat dalam penambangannya. Laporan dari NGO Terre des Hommes dan SOMO ada 20.000 anak yang terlibat dalam penambangan Mica. 

Tambang Mica yang terletak di bawah tanah jelas memiliki resiko bahaya bagi anak-anak, belum lagi Mica yang sebenarnya berbahaya apabila langsung dihirup. Berdasarkan laporan Thomson Reuters Foundation dalam dua bulan saja di Agustus 2017 ada 7 anak yang meninggal karena bekerja di penambangan Mica. 

Lush Glow Stick, highlighter dengan Mica sintetis buatan Lush (via: Lush)

Dengan berbagai macam bahaya yang mengancam para penambang Mica sayangnya hingga saat ini memang belum ada material pengganti yang benar-benar bisa mengsubstitusi kandungan Mica. Baru perusahaan Lush makeup yang mengkreasikan non-mica highlighter dalam produknya Lush Glow Stick

Related Articles
Interest
Tips Makeup Cantik Natural Lisa BLACKPINK!

Interest
Siapa Tandingan Asus Zenfone Max Pro M1?

Interest
Ini Nih Keahlian Orang Toxic Yang Selalu Merugikan!

Meet The Creator



Mainmain.id

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI