Pop-Sci

Bener Nggak Sih Olahraga Malam Nggak Bagus Buat Kesehatan?

Afrieza Zaqi

Posted on May 10th 2019

Bulan puasa seperti sekarang, aktivitas olahraga di siang atau sore umumnya akan lebih dikurangi supaya tubuh kuat berpuasa hingga adzan maghrib. Nah untuk menggantinya, beberapa orang  memilih untuk berolahraga malam agar tubuh tetap bugar. Namun, banyak mitos yang mengatakan bahwa olahraga malam itu nggak bagus. Bener nggak sih?

Banyak yang beranggapan bahwa berolaharga malam hari akan membuat kamu susah tidur. Nyatanya hal ini tidak benar. Pasalnya, penelitian dari University of South Carolina menjelaskan bahwa berolahraga sebelum tidur justru meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan energi ketika kamu terbangun besok.

Hal ini dikarenakan kamu mendapatkan istirahat yang lebih baik dibandingkan tidak berolahraga. inilah kenapa, orang yang mengalami kesulitan tidur dianjurkan untuk berolahraga malam.

Nah, ada hal yang bagus juga buat kamu yang ingin menurunkan berat badan. Menurut penelitian dari Dr. Orfeu Buxton dari University of Chicago’s Clinical Research Centre, menjelaskan bahwa metabolisme tubuh lebih bagus beradaptasi disaat berolahraga sore atau malam.

Pengambilan sampel darah dari para atlet yang terlibat dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan produksi hormon kortisol. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan metabolism lemak, protein, dan karbohidrat.

Tak hanya itu, berolahraga malam juga dapat meningkatkan hormon thyroptropin yang memiliki fungsi dalam mengontrol pembakaran kalori. Proses metabolisme ini memiliki peran yang besar dalam proses penurunan berat badan.

Thyrotropin juga memiliki efek yang sangat bagus untuk meningkatkan fokusmu. Pasalnya hormone ini merangsang sistem saraf untuk meningkatkan daya fokus dan kecepatan refleks tubuh.

Nggak cuma itu aja, “Evening high‐intensity interval exercise does not disrupt sleep or alter energy intake despite changes in acylated ghrelin in middle‐aged men” oleh Penelope Larsen (2019) menjelaskan bahwa berolahraga malam juga membantu kamu untuk berdiet. Terutama mengurangi kebiasaan makan di malam hari.

Hal ini dikarenakan olahraga di malam hari mempengaruhi hormon ghrelin yang berfungsi untuk mengontrol lapar. Inilah kenapa olahraga di malam hari bisa membantu kamu untuk mengontrol berat badan.

Related Articles
Interest
Takut Gendut? Jangan-jangan Kamu Terkena Anoreksia!

Pop-Sci
Nilai Sekolah Nggak Menentukan Masa Depan!

Pop-Sci
Beli Buku Tapi Kok Malah Nggak Dibaca?

Meet The Creator



DBL Indonesia

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI