Interest

Indonesia Jadi Presiden Dewan Keamanan PBB!

Setelah jadi non-permanent member, kali ini Indonesia jadi Presiden DK PBB~

Fidya Citra

Posted on May 3rd 2019

Terakhir kali menjadi anggota non-permanen Dewan Keamanan PBB pada tahun 2007-2008, kali ini Indonesia nggak hanya menjadi anggota saja namun juga menjadi Presiden Dewan Keamanan PBB. Jabatan Presiden DK PBB dirotasi setiap bulannya di antara para negara anggota non-permanen DK PBB, dan di masa jabatannya kali ini Indonesia fokus pada konflik di Palestina.

Dewan Keamanan PBB merupakan salah satu dari enam organ di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) selain Majelis Umum, Dewan Ekonomi dan Sosial, Dewan Perwalian, Mahkamah Internasional, dan Sekertariat. DK PBB hadir untuk memastikan keamanan dunia. Salah satu bentuk yang paling konkrit adalah dengan kehadiran peacekeeping operations dan international sanctions. Dewan Keamanan PBB sendiri berisikan 15 anggota, di dalamnya terdapat 5 anggota permanen yakni China, Prancis, Rusia, Inggris, dan Amerika Serikat serta 10 anggota non-permanen yang dipilih setiap 2 tahun sekali yakni Belgia, Cote d'Ivoire, Republik Dominika, Ekuatorial Guinea, Jerman, Indonesia, Kuwait, Peru, Polandia, dan Afrika Selatan.

Menjadi Presiden DK PBB dalam waktu satu bulan di Mei 2019, Indonesia memiliki dua fokus yakni peacekeeping dan perlindungan pada warga negara di wilayah konflik seperti Palestina, Bosnia dan Herzegovina, Libya, dan Yemen. Menurut sang diplomat perwakilan Indonesia di DK PBB, Dian Triansyah Djani yang terpenting adalah tercapainya interaksi yakni lewat berbagai open debate yang diadakan. 

Berbagai open debate sudah direncanakan dari mulai tanggal 7 Mei diadakan open debate dalam isu pelatihan dan meningkatkan kapasitas peacekeeper. Serta open debate pada 23 Mei yang fokus dalam perlindungan masyarakat sipil di wilayah konflik.

Let's hope Indonesia's Presidency on UN Security Council will bring peace to the world~

Related Articles
Pop-Sci
Peringati Hari Antikorupsi Sedunia, PBB Sebut Korupsi Perparah Perubahan Iklim

Entertainment
"Love Yourself" a la BTS di PBB

Interest
Nostalgia Ponsel Lipat ala Motorola RAZR

Meet The Creator



Insani U.J

Quote Of The Day

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda