Interest

Beberapa Hal Ini Bikin Sistem Pendidikan Indonesia Jadi Jahat

Karena Padi Tak Akan Bisa Jadi Jagung, Selamanya Padi Adalah Padi.

Ridho

Posted on May 2nd 2019

Caption

“Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani”

Jika bicara soal pendidikan di Indonesia. Maka jawabannya adalah jauh dari kata memuaskan. Hal itu tergambar jelas dari rangking sistem pendidikan Indonesia.

Menurut survey Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2017. Indonesia berada diperingkat 62 dari 72 negara. Bahkan di Asean, hanya menempati peringkat 5 dari 10 negara.

Lalu apa yang jadi penyebabnya? Beberapa hal seperti penggunaan ujian nasional sebagai standarisasi kepintaran dan sistem hafalan jadi jawabannya.

Ketika membahas ujian nasional. Ibarat pisau bermata dua. Satu sisi sebagai tes untuk mengukur kepintaran anak. Sisi lain dianggap sebagai tekanan. Mengapa demikian?

Tak semua anak bisa dan paham semua mata pelajaran. Karena tiap anak punya bakat berbeda. Tapi dengan ujian nasional ini, membuat mereka tak bisa merasa beda dengan yang lainnya.

Bahkan Albert Einstein pun pernah mengatakan bahwa semua anak punya potensi untuk jenius. Tapi jika kalian menilai seekor ikan dari cara dia memanjat. Maka ikan tersebut akan merasa bodoh seumur hidupnya.

Jadi ketika seorang anak dinilai dari ujian nasional sedangkan ia tak punya bakat dalam bidang akademis. Maka akan membuatnya merasa bodoh karena tak bisa mengerjakan.

Lalu bagaimana cara mereka agar bisa paham dengan pelajaran? Bangun minat anak untuk belajar. Jangan berikan sistem hafalan. Karena itu akan mematikan kreatifitas dan semangat belajar.

Gampangnya gini, ketika kamu suka terhadap sebuah hal. Pasti akan muncul minat untuk mencari tahu sehingga kalian paham dengan hal tersebut. Hal tersebut yang belum diterapkan pada sistem Pendidikan Indonesia.

Intinya adalah bangun minat untuk belajar. Ketika muncul minat, maka akan membuat mereka paham konsep dan tau cara pengaplikasiannya. Bukan hanya menuntut untuk bisa tapi tanpa memberikan dorongan yang lebih.

Jadi masih relevan kah sistem hafalan dan ujian nasional saat ini?

Related Articles
Interest
Belajar Tanggap Tsunami di World Tsunami Awareness Day

Interest
Apasih Monkeypox itu?

Interest
Mata Pelajaran di Sekolah Udah Cukup Belum, sih?

Meet The Creator



Mainmain.id

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI