Sport

Alfian M Fajri Sabet Medali Emas di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing

Hakiki Hijriawan

Posted on April 28th 2019

Alfian M Fajri Juara Piala Dunia Panjat Tebing. (Via: FPTI)


Tren positif atlet muda Indonesia terus berlanjut. Yap, belum lama ini Lalu Muhammad Zohri berhasil menorehkan sejarah menjadi pelari tercepat se Asia Tenggara. Kali ini, giliran Alfian M Fajri sukses meraih emas di kejuaraan dunia IFSC Worldcup yang berlangsung di Chongqing, Tiongkok.

Alfian sendiri menjadi juara dunia di nomor men's speed world record. Dirinya berhasil mengalahkan lawannya dari Ukraina Kostiantyn Pavlenko. Cowok berusia 22 tahun itu menorehkan catatan waktu 5,961 detik. Dirinya unggul dari Pavlenko dengan catatan 6,310 detik. Lalu di tempat ketiga ada Sergey Rukin dari Rusia dengan catatan waktu 6,808 detik.

Fyi, ini merupakan medali emas pertama Alfian di kancah Piala Dunia panjat tebing lho. Meskipun sebelumnya Alfian udah pernah menyabet medali emas di Asian Championship di Kurayoshi, Jepang, pada November 2018 lalu bersanding dengan dua atlet Indonesia lainnya, Sabri dan Aspar Jaelolo.

Dilansir dari situs resmi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) dirinya sangat bersyukur dengan torehan yang diraih. Namun cowok asli dari Solo itu enggan besar kepala dengan raihan ini. "Terimakasih kepada semua yang telah mendukung. Syukur alhamdulillah kepada Tuhan yang Maha Esa saya bisa maksimal," kata Alfian di Chongqing, Tiongkok.

Keberhasilan Alfian gagal diikuti atlet Indonesia lainnya, Aspar Jaelolo yang gagal melaju ke perempat final setelah dikalahkan oleh Pavlenko. Sementara Fachtur Roji juga gagal bersanding dengan Alfian. Fachtur dikandaskan Pavlenko di babak perempat final.

Sementara seluruh atlet putri Indonesia gagal melaju ke babak fina. Aries juara IFSC Worldcup tahun lalu fikalahkan oleh Anouck Jaubert dari Prancis dengan selisih skor tipis 0,02 detik. Aries menorehkan waktu 7,429 detik, sedangkan Jaubert 7,400 detik. Atlet putri Indonesia lainnya, Nurul Iqamah juga gagal pada babak perdelapan final.

Yeayy! Congratsss Alfian!! (*)

Related Articles
Sport
Ganda Putra Ahsan/Hendra Juara di All England!

Sport
Ini Dia Fakta-fakta Menarik di All England 2019!

Portrait
Alvaro Vincent Wijaya Bikin Bangga di Dalam dan Luar Lapangan!

Meet The Creator



Mainmain.id

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI