Interest

Nggak Kalah Sama Street Food Netflix, Makanan Ini Wajib Kamu Coba di Surabaya

Afrieza Zaqi

Posted on April 26th 2019

Street Food, serial dokumenter makanan dari Netflix baru saja di rilis Jumat (26/4) ini. Dalam serial dengan sembilan cerita dari negara-negara di Asia ini menceritakan persona dari pembuat makanan lengkap dengan sejarah mereka. Salah satunya makanan dari Jogjakarta. Nah, nggak kalah dengan Jogjakarta, Surabaya juga punya beragam jajanan nikmat yang bakal bikin kamu Mouthgasm. Siapkan mental ya buat nahan laper!

Soto Ayam Cak Pardi

Foto: Picdeer

Harga: Rp 12 ribu – Rp 24 ribu/ porsi.

Berlokasi di Jl. Embong malang, tepat di seberang TP 6, soto ayam cak pardi menjadi kuliner yang wajib kamu coba ketika di Surabaya. kuahnya yang bening dan segar, poyahnya yang gurih, serta ayam kampung yang digunakan di soto ini membuat kamu merasakan mouthgasm yang luar biasa.

Satu hal yang membuat soto ini berbeda dari yang lain adalah poyah yang digunakan. Jika umumnya hanya menggunakan kerupuk udang yang dihancurkan, Soto Ayam Cak Pardi menggunakan tambahan bumbu lain yang membuat poyah ini lebih gurih dan lebih nikmat. Oiya, biasanya, jam 1 siang soto ini sudah habis loh! Jadi better datang kesini pagi-pagi ya!

Bakwan Trunojoyo Pak Nur

foto: Amazingfoodindonesia

Harga:

  • Pentol: Rp 2 ribu.
  • Gorengan/ Tahu: Rp 1 ribu.

Buat kamu pecinta bakso, kamu wajib mencoba bakso yang satu ini. Berlokasi di Jl. Trunojoyo, Tegalsari Surabaya, atau lebih mudahnya berada di belakang Nike Factory Surabaya, kamu akan menemukan sebuah kedai bakso yang berada di pekarangan rumah warga. Kamu nggak akan menemukan pemandangan pelayan menyatat pesanananmu. Pasalnya, kedai bakso ini punya konsep self service restaurant. Yap, kamu harus mengambil bakso, tahu, gorengan sendiri, lalu akan ada pegawai yang akan menuangkan kuah ke baksomu.

 Nah, disarankan buat kamu datang diatas jam 5 sore ya. Pasalnya kamu bisa mendapatkan tetelan atau tulang yang berisi daging dan sum-sum. Satu lagi, jika di siang hari harga bakso Rp 10 ribu dapat lima pentol, diatas jam lima sore, kamu bisa mendapatkan bonus satu pentol loh!

Bebek Goreng Purnama

foto: Sam Kuliner

Harga: Rp 15 ribu

Di sepanjang jalan di Surabaya, banyak sekali warung bebek goreng yang melabeli warungnya dengan tulisan cabang purnama. Padahal, Bebek Goreng Purnama yang asli hanya ada satu di Surabaya. yaitu di jl. Raya DInoyo Keputran. Tepat di pertigaan setelah lampu merah sebelum Jl. Polisi Istimewa. Bebek goreng satu ini menggunakan resep khas madura. Rasa rempahnya yang terasa, srundeng kelapa yang gurih manis, dan sambal tomat yang segar membuat makanan ini berdansa di lidah. Selain ayam, kamu juga bisa menemukan ayam goreng kok.

Anyway, nama Purnama sendiri diambil dari nama bioskop yang ada ada tepat dibelakang warung ini. dulu, Purnama dalah nama salah satu bioskop yang ada di Indonesia. Nah, para penonton sering makan bebek ini sesudah melihat film di sana.

Rujak Cingur Genteng Durasim

foto: tripzilla

Harga:   Rp 25 ribu.

Rujak Cingur adalah salah satu makanan khas Surabaya yang cukup unik. Dengan saus kacang dan petis, makanan ini mengandung berbagai sayuran seperti kangkong, tahu, tauge, Timun Krai dan Cingur. Cingur sendiri adalah bagian bibir depan sapi. Rasanya yang kenyal dan padat menjadi experience tersendiri saat memakannya. Oiya jangan lupa memakannya dengan kerupuk ya biar lebih mantap.

Nah, ada yang unik di Rujak Cingur Genteng Durasim, cobek yang digunakan untuk mengulek bumbu ini memiliki umur yang cukup lama loh. Berdiri sejak 1942 hingga sekarang, cobek tersebut nggak pernah ganti!

 

Related Articles
Interest
Surabaya Yang Makin Ramah Lingkungan

Interest
Menunda Pagi di Kedai Kopi

Sport
Akhirnya Timnas Merumput di Gelora Bung Tomo Lagi

Meet The Creator



Mainmain.id

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI