Portrait

Rizky Faidan Sang Juara PES League Asia 2019 di Jepang!

Atlet e-Sport Muda Pro Evolution Soccer Indonesia

Hakiki Hijriawan

Posted on April 25th 2019

 

Rizky Faidan, cowok asli Bandung kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah turnamen PES (Pro Evolution Soccer). Namanya mencuat setelah dirinya berhasil menjadi juara di turnamen PES SEA Final pada bulan Maret lalu di Bangkok, Thailand. Dan belum lama ini, Rizky kembali mengantarkan Indonesia menjadi juara PES League Asia 2019 di Tokyo, Jepang.

Rizky berhasil menjuarai dua kategori pada ajang PES League Asia 2019. Bersama tim e-Sportnya, PES Garuda (WANI) dirinya dan dua partnernya Rio Dwi Septiawan dan Muchamad Lucky Ma'arif, berhasil menumbangkan tim asal Jepang, Beginners di partai final co-op 3v3. Selain itu, di kategori 1v1 Rizky berhasil mengamankan trofi setelah mengandaskan jawara bertahan tahun lalu asal Jepang, Mayageka dengan skor 3-2, wuihh mantap!

Jauh sebelum PES SEA Final dan PES League Asia, Rizky udah lebih dulu menjuarai turnamen PES SEA pada tahun 2016 di Vietnam. Bahkan kala itu, Rizky jadi peserta termuda yang berhasil merengkuh juara. “Awal-awal aku ikut turnamen regional dulu. Lihat poster turnamen gitu di twitter, iseng ikutan, lalu dapat kesempatan ikut turnamen internasional, alhamdulillah menang,” ujar cowok berusia 16 tahun tersebut.

Gemar bermain game dari kecil, membuat Rizky konsisten untuk menjadi seorang profesional gamer. Dirinya mengakui keberhasilannya di bidang e-Sport hingga sekarang merupakan doa dan restu dari orang tua. “Orang tua selalu mendukung aku selama itu positif. Tapi mereka selalu mengingatkan jangan tinggalkan ibadah, itu yang paling terpenting,” pungkas siswa SMAN 16 Bandung ini.

Cowok yang saat ini duduk di kelas XI ini juga sangat memperhatikan soal akademik. Dirinya, membagi antara waktu belajar dan juga berlatih bermain PES. “Aku biasanya main PES pas akhir pekan aja sih, atau kalaupun main di waktu hari biasa, mainnya malam. Jadi nggak menganggu kegiatan belajar,” tungkas Rizky.

Keberhasilan Rizky menggondol titel juara di PES League Asia, membuat dirinya otomatis berhak melaju ke PES League World Finals. Turnamen tersebut akan diselenggarakan sekitar bulan Juni mendatang. Dirinya mempunyai tekad yang kuat di setiap turnamen yang diikutinya. Karena itu, Rizky enggan patah arang sebelum bertanding.

“Kuncinya adalah setiap ikut kompetisi harus optimis. Jangan pernah mikir macam-macam atau takut gagal. Dari situ, akan terbentuk rasa percaya diri yang tinggi pas lagi pertandingan. Serta jangan lupa untuk berdoa,” ungkap cowok yang suka dengan klub Persib Bandung itu. (*)

Related Articles
Esports
Dominasi Pemain Indonesia di Liga PES Thailand

Esports
Konami Resmi Ganti Nama PES Menjadi eFootball

Hobi
Barito Putera Pimpin Klasemen Pekan Pertama IFeL