Sport

Lalu Muhammad Zohri Jadi Pelari Tercepat se Asia Tenggara

Hakiki Hijriawan

Posted on April 24th 2019

Lalu Muhammad Zohri Berhasil jadi yang tercepat se Asia Tenggara. (Via: Istimewa)

Fantastis, luar biasa! Yap dua kata yang layak disematkan untuk sprinter andalan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri. Berlaga di Kejuaraan Atletik Asia 2019 yabg berlangsung di Doha, Qatar pada Senin (22/4) lalu, Zohri mengukuhkan diri sebagai pelari tercepat di ASEAN, yuhuu.

Dengan catatan waktu 10,13 detik, Zohri sukses mematahkan rekor manusia tercepat ASEAN sebelumnya yang dipegang seniornya Suryo Agung Wibowo dengan torehan 10,17 detik. Torehan itu pernah dibukukan Suryo Agung pada saat meraih medali emas di SEA Games 2009 lalu.

Pada babak final, Zohri yang berada di line ketiga menjalani start dengan cukup baik. Pelari yang akan menginjak usia 19 tahun Juli mendatang nanti mampu memimpin di awal. Meski akhirnya sprinter Jepang Yoshihide Kiryu menyalipnya saat mendekati garis finish, dengan waktu 10,10 detik. Tak ayal, Zohri pun harus puas finish di urutan kedua. Diikuti pelari asal Tiongkok, Zhiqiang Wu dengan 10,18 detik yang berada di posisi ketiga.

Namun, sebenarnya rekor Suryo Agung udah lebih dulu dipecahkan Zohri pada babak semifinal. Saat itu, Zohri mencatatkan waktu sekitar 10,15 detik. Torehan Zohri ini juga otomatis menempatkannya sebagai pemegang rekor nasional, wuihhh mantap ferguso! Rekor ini juga membawa Zohri menjadi pelari Indonesia keempat yang mampu membukukan rekor tercepat di Asia Tenggara.

Sebelum Suryo Agung, Afdiharto Mardi Lestari pernah menorehkannya pada 100 meter putra di PON XII 1989 dengan torehan waktu 10,20 detik. Lalu ada Purnomo Muhammad Yudhi dengan waktu 10,33 detik di kejuaraan Asia Atletik 1985. Dan Mohammad Sarengat dengan catatan waktu 10,40 detik lari 100 meter putra Asian Games 1962.

Kiprah gemilang di lintasan 100 meter putra ini, sebenarnya bukan kali pertama saja ditorehkan Zohri. Tahun lalu, dirinya sukses meraih medali emas di nomor yang sama pada ajang kejuaraan atletik IAAF World Championship U-20 100 meter di Tempere, Finlandia dengan catatan waktu 10,18 detik.

Sementara prestasi gemilang juga pernah ditorehkan Zohri saat mewakili Indonesia di Asian Games 2018 lalu. Zohri berhasil mempersembahkan medali perak. Namun, torehan perak tersebut ditorehkan Zohri dari lari beregu estafet 4x100 meter putra.

Congratsss buat Lalu Muhammad Zohri! (*)

Related Articles
Interest
Mengenal Qatar: Negeri Kaya Bak Utopia yang Nyata

Sport
Lalu Muhammad Zohri, Sprinter Muda yang Membungkam Dunia!

Sport
Coach Trisna: Belajar Dribble dengan 4 Cara Ini!

Meet The Creator



Mainmain.id

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI