Interest

Hal Sepele yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menyayangi Bumi

Karena nunjukkin sayang nggak cuma sekali setahun aja~

I Kadek Wira Aditya

Posted on April 23rd 2019

Tepat tanggal 22 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia. Dilansir Earthday.org hari tersebut bermula dari protes sejumlah masyarakat di dunia terhadap dampak negatif perkembangan industri yang berlangsung di berbagai negara. Puncaknya yaitu pada 22 April 1970 senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson, yang juga seorang pegiat lingkungkan melakukan aksi protes bersama warga Amerika Serikat lainnya yang membuat tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Bumi. Setelah resmi ditetapkan oleh PPB, hari tersebut kini juga diperingati di 175 negara dunia, termasuk Indonesia.

Masyarakat Indonesia, melalui beberapa komunitas pegiat lingkungan yang ada di dalamnya, punya aksinya masing-masing setiap tahunnya dalam merayakan hari tersebut. Mulai dari melakukan aksi menanam ratusan bibit tanaman hingga menggelar diskusi yang membahas isu seputar lingkungan. Eits, bagi kamu yang tidak bergabung dalam komunitas pegiat lingkungan, bukan berarti kamu tidak bisa untuk ikut andil untuk menyayangi Bumi. Yuk lakukan hal sepele ini dari sekarang untuk menyayangi Bumi, karena nunjukkin rasa sayang nggak perlu sekali setahun aja~

Stop Kebiasaan Tinggal Charge Smartphone-mu Ketika Tidur!

Saya meyakini kamu pasti pernah melakukan ini setiap malam, men-charging smartphone-mu kemudian ditinggal tidur ketika malam hari. Meski sekarang banyak teknologi yang telah mendukung smartphone-mu untuk berhenti mengisi baterai ketika penuh, nyatanya setelah smartphone-mu terisi penuh listrik akan menggunakan daya dari stop kontak secara langsung. Kebayang dong kalau kebiasaan tersebut jadi pemborosan listrik yang terbuang percuma.

Jarak Dekat Cukup Jalan Kaki Aja

Jarak yang dekat kadang membuat kita malas untuk berjalan kaki. Naik kendaraan pribadi atau umum jadi jawabannya supaya tidak capai. Padahal dengan kamu berjalan kaki dengan jarak yang dekat bisa membantu mengurangi emisi hasil pembakaran bahan bakar transportasi yang dihasilkan. Memang sih tidak sebarapa banyak, tapi kalau membiasakan ini setiap harinya kan lumayan. Selain bermanfaat menjaga lingkungan, menjaga isi dompetmu juga bisa supaya hemat. Ayo jangan malas jalan kaki!

Gunakan Air Secukupnya

Pas cuaca Indonesia yang kini lagi panas-panasnya, nggak lengkap rasanya kalau nggak ketemu air. Tak heran kalau pas kondisi itu kamu bakal mandi sepuasnya sepaya tubuhmu tetap segar dan tidak gerah. Penggunaan air tadi adalah sebagian kecil dari seluruh kegiatan yang kamu lakukan setiap harinya. Belum dengan kegiatan lain seperti mencuci dan konsumsi air minum, yang tentunya dalam sehari kamu bisa menggunakan banyak air. Penggunaan air secara cukup bisa jadi cara kamu untuk menjaga ketersediaan air bersih yang ada di lingkunganmu.

Beli Take Away, Bawa Alat Makan dan Minum Sendiri Aja

Membawa alat makan dan minum sendiri bisa jadi cara kamu untuk mengurangi sampah loh. Bukan tanpa sebab, membawa alat makan dan minum sendiri akan membantu mengurangi sampah setiap membeli makanan ataupun minuman yang beli di luar rumah dengan cara take-away. Kebayangkan kalo kamu membawa alat sendiri, kamu bisa mengurangi sampah plastik, seperti kresek tempat kamu wadahi belianmu, wadah makanan dan minuman, serta sendok/garpu plastik sekali pakai. Ribet nggak apa-apa, tapi bisa mengurangi peluangmu untuk buang sampah sembarangan dari setiap makanan dan minuman yang kamu beli.

Related Articles
Interest
Siapa Tandingan Asus Zenfone Max Pro M1?

Interest
Depresi dan Hal-hal Yang Kamu Harus Ketahui!

Interest
Android Q, Senjata Baru Google Tuk Lawan Pesaing

Meet The Creator



Mainmain.id

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI