Interest

Kuliah Gratis di Luar Negeri!

Ini dia daftar negara buat kamu pemburu kuliah gratis di luar negeri~

Fidya Citra

Posted on April 18th 2019

Bisa kuliah di luar negeri adalah impian banyak orang, termasuk kamu pastinya. Namun, yang terbayang kalau mendengar kata kuliah di luar negeri pasti biaya kuliah yang tinggi.

Hmmm, kalian tahu nggak sih ternyata ada beberapa negara di dunia yang menyediakan fasilitas kuliah gratis, iya GRATIS! Negara mana aja sih? Simak yuk daftarnya di bawah ini!

Negara yang terkenal dengan jurusan tekniknya ini udah nggak asing lagi bagi kalian pemburu kuliah gratis. Tapi, untuk mendapatkan fasilitas kuliah gratis kalian harus mampu berbahasa Jerman, karena seluruh mata kuliahnya diajarkan dalam bahasa Jerman. Selain itu, meskipun uang semesteran kuliah di Jerman gratis, kamu harus tetap membayar sekitar 170 dollar – 280 dollar untuk biaya administrasi.

Untuk mendaftar Universitas di Jerman kamu bisa langsung apply ke institusi yang kamu tuju atau bisa juga melalui portal pendaftaran khusus international students.

Nah, biar kamu nggak bingung harus mulai ngepoin dari yang mana kita udah nyiapin 2 kampus terbaik (dan gratis) yang ada di Jerman:

Universitas yang terletak di kota Muenchen ini menjadi salah satu kampus yang fokus pada Natural Sciences terutama jurusan Clinical, pre-clinical & health. LMU bahkan memiliki Medical Center yang menjadi pusat medis terbesar yang dimiliki sebuah Universitas. Cocok deh buat kamu yang ingin fokus di bidang medis~

Info lebih lanjut bisa kamu cek di sini !

Kampus ini pernah menjadi tempat belajar dua penemu besar dunia yakni Carl von Linde sang penemu kulkas dan Rudolf Diesel, sosok yang mengembangkan mesin diesel. Nggak cuma itu aja terdapat 13 alumni maupun profesor di TUM yang mendapatkan penghargaan Nobel, salah satunya Gerhard Ertl yang memenangi Nobel Prize dalam bidang Kimia di tahun 2007. Kampus ini adalah kampus yang tepat buat kamu yang mau belajar Engineering & technology.

Info lebih lanjut bisa kamu cek di sini !

Negara tempat kelahiran kiper legendaris, Petr Cech ini menyediakan kuliah gratis di banyak kampus yang tersebar di seluruh negerinya. Dengan satu syarat: bisa bahasa Ceko, sebab mata kuliah yang diajarkan nanti diisi dalam bahasa Ceko. 

Untuk mendaftar Universitas di Ceko kamu bisa langsung daftar ke institusi yang kamu tuju. Tenang tenang, biar nggak bingung mulai dari mana kita udah nyiapin 3 kampus terbaik (dan gratis) yang ada di Republik Ceko:

Kampus yang dulunya bernama University of Prague adalah kampus tertua, dan terbesar di Ceko. Terletak di ibukota Republik Ceko Praha, Franz Kafka, seorang novelis ternama dunia merupakan salah satu lulusannya.

Kampus ini pilihan tepat untuk kamu yang berminat kuliah jurusan Arts and Humanities, seperti jurusan Languages, Literature & Linguistics, Archaeology, History, Philosophy & Theology, dan Art, Performing Arts & Design.

Info lebih lanjut bisa kamu cek di sini !

Czech Technical University adalah salah kampus teknik tertua yang ada di dunia. Berdiri pada tahun 1707  di kota Praha kampus ini memiliki 8 fakultas seperti Civil Engineering, Mechanical Engineering, Electrical Engineering, Nuclear Science and Physical Engineering, Architecture, Transportation Sciences, Biomedical Engineering and Information Technology.

Info lebih lanjut bisa kamu cek di sini !

Palacký University Olomouc adalah salah satu kampus yang melahirkan ilmuwan genetika terkenal dunia, George Mendel. Kampus ini pilihan tepat untuk kamu yang tertarik untuk mengambil kuliah jurusan Physical Sciences seperti Mathematics & Statistics, Chemistry, Physics & Astronomy, dan Geology, Environmental, Earth & Marine Sciences.

Info lebih lanjut bisa kamu cek di sini !

Negara yang terkenal dengan keindahan Aurora Burealisnya ini juga menyimpan akses seluas-luasnya pada pendidikan gratis. Iya, kuliah di Norwegia itu 100% gratis. Sama seperti kuliah di Republik Ceko, untuk apply kamu harus mendaftar langsung ke kampus yang kamu tuju.

Berbeda dengan 2 negara sebelumnya yang mewajibkanmu untuk bisa bahasa asli mereka, di Norwegia kamu bisa memilih kuliah dengan pengantar bahasa Inggris. Namun, tidak semua Universitas menyediakan kuliah gratis dengan pengantar bahasa Inggris, hanya Nord University, Østfold University College, University Of Tromsø - The Arctic University Of Norway, Norwegian University Of Life Sciences, dan BI Norwegian Business School saja yang bahasa pengantar kuliahnya bahasa Inggris.

Info lebih lanjut bisa kamu cek di sini !

Gimana tertarik kan untuk kuliah di luar negeri tanpa harus keluar uang banyak?

Related Articles
Opinion
Kuliah di Perikanan? Mau Jadi Apa?

Interest
Ekspektasi Versus Realita Setelah Lulus SMA

Interest
Serunya Jadi Anak Hubungan Internasional