Sport

IESPA Cari Atlet E-Sport Untuk SEA Games 2019!

Siapa tau kamu bisa jadi atlet esport selanjutnya~

Nizar Fahmi

Posted on April 15th 2019

Siapa tahu kamu bisa jadi atlet esports selanjutnya? (via: Piala Presiden Esports 2018)

Big announcement for the all gamers out there! Setelah tahun lalu dalam Asian Games 2018 esports hanya menjadi olahraga eksebisi, tahun ini dalam SEA Games 2019 akhirnya esports resmi akan memperebutkan medali! Berlangsung di Filipina pada tanggal 30 November – 11 Desember mendatang, SEA Games menjadi ajang olahraga multi-event internasional pertama yang mempertandingkan esports gengs.

Untuk mendukung perolehan medali, negara kita nggak bakal cuma diam. Komite Olimpiade Indonesia (KOI) melalui Indonesia Esports Association (IESPA) akan memulai seleksi atlet esports pelatnas yang siap digelar dalam waktu dekat. Nggak tanggung-tanggung, seleksi ini pun langsung dibuatkan event nasional yang diberi nama Indonesia Esports National Championship (IENC).

IENC bakal digunakan untuk menyaring bibit-bibit berbakat yang nggak cuma berasal dari ibu kota. IESPA menargetkan bahwa seleksi akan dilakukan di seluruh belahan nusantara. Masing-masing perwakilan daerah nantinya dapat bertemu di babak final yang berlokasi di Jakarta.

Dalam SEA Games 2019 nanti, esports yang akan diperlombakan terdiri dari 5 game yang sedang diminati saat ini, yaitu Dota 2, Starcraft II, Tekken 7, Arena of Valor, dan Mobile Legends. Tapi nggak semua game ini akan diikuti oleh atlet kita. Indonesia sementara hanya dipastikan mengikuti 3 game yang diperlombakan seperti Dota 2, Mobile Legends, dan Tekken 7.

Dilansir dari Hybrid.co.id, Eddy Lim selaku Ketua Umum IESPA menjelaskan bahwa KOI hanya akan mengirim atlet-atlet yang memiliki kesempatan besar mendapat medali emas di SEA Games 2019. Masing-masing cabang yang diikuti oleh Indonesia mempresentasikan perwakilan setiap platform, dimulai dari PC untuk Dota 2, smartphone untuk Mobile Legend, dan konsol gim seperti PS 4 untuk Tekken 7. Lalu setiap cabang game akan diwakilkan oleh satu tim dan dua orang bagi game yang bersifat individu.

Saat ini, Indonesia memang menjadi negara yang patut diperhitungkan pada ketiga cabang game di atas. Sebut saja untuk cabang Dota, kita punya BOOM.ID yang pernah lolos ke dalam 3 DPC Minor secara berurutan dan hampir tidak terkalahkan di kancah lokal. Dalam cabang Mobile Legends, ada Aerowolf Roxy yang pernah jadi juara di MPL Season 1. Untuk Tekken 7, nama Adrian “Meat” Jusuf berhasil menjadi yang favorit karena pernah mencapai babak perdelapan final dalam ajang IESF World Championship tahun lalu.

Eits bukan berarti nama-nama tersebut berhak langsung dipilih mewakilkan tim esports Indonesia ya, big no! Tentu mereka juga harus bersaing untuk mendapatkan tempat bergengsi itu. Nah bagi kamu yang tertarik untuk ikut seleksinya, IESPA memang belum menginformasikan lebih lanjut mengenai waktu dan tempat penyelenggaraan IENC gengs. Hanya saja, skema penerimaan atlet untuk pelatnas sudah dirilis, mulai dari jalur penerimaan atletnya sampai jumlah yang berhak mengikuti pelatnas sudah ditentukan.

Dikutip dari Esports.id, bagi peminat cabang Mobile Legends dan Dota 2, atlet pelatnasnya berasal dari IEL University Series (1 tim), IENC antar provinsi (3 tim), dan Online Elite Series (1 tim). Sebanyak 25 orang yang berhasil disaring dari tiga event tersebut, akan berlatih dalam pelatnas untuk kemudian dipilih 5 hingga 7 player yang berhak menyandang status sebagai Timnas Esport Mobile Legend atau Dota 2 Indonesia. Sedangkan untuk Tekken 7, hanya dipilih 2 perwakilan saja untuk masuk ke Pelatnas yang diambil dari penyelenggaraan IENC.

Gimana, kamu siap jadi perwakilan Indonesia nggak? Gaskeun gengs!

Related Articles
Sport
Ngerasa Jago Mobile Legend? Siap-siap Mengikuti Piala Presiden Esports 2019

Sport
Kalahkan EVOS, PSG.RRQ Dapatkan Peringkat Ketiga Piala Presiden Esports 2019

Sport
Emas Pertama Indonesia Di eSport Asian Games 2018!

Meet The Creator



Mainmain.id

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI