Pop-Sci

Review Wireless Buds: Bukan Masalah Harga dan Bentuk Tapi Masalah Kenyamanan

Afrieza Zaqi

Posted on April 14th 2019

Sejak munculnya Airpods pada tahun 2016, banyak perusahaan pembuat headset berfokus ke buds wireless yang memiliki bentuk minimalis namun tidak mengurangi kualitas. Di tahun 2019 sendiri, ada banyak sekali produsen earphone yang merilis wireless bud dengan segudang keunggulan. Bagaimana sih bentuknya?

Airpods

Harga: Rp 2,2 juta

Sejak dirilis pertama kali, Airpods seolah menjadi primadona wireless bud hingga sekarang. Bentuknya yang minimalis dengan warna putih menampilkan kesan yang elegan. Selain itu, Airpods memiliki waktu putar musik sepanjang 5 jam nonstop dari posisi baterai buds penuh hingga habis. Untuk kualitas suara, Airpods punya bass yang sangat nendang. Serta treble yang dapat mengimbangi bass. Sehingga, setiap detail suara yang ada masih terdengar.

Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan. Airpods memang fit dengan ukuran telinga. Namun ketika digunakan, Airpods tidak terlalu “rapat” di telinga. Hal ini dikarenakan Apple ingin penggunanya masih bisa mendengar lingkungan sekitarnya. So, jika kamu mau menggunakan Airpods untuk work out, harus lebih hati-hati ya!

Galaxy Buds

Harga: Rp 1.9 Juta

Kolaborasi Samsung dengan AKG sudah ada sejak seri Galaxy S8 muncul. Sejak saat itu, Samsung seri S dan Note akan mendapatkan earphone dari AKG. Nah, pada 2019, Samsung dan AKG merilis Samsung Galaxy Buds. Salah satu fitur utama yang ditawarkan oleh Galaxy Buds adalah Amibence sound. Jadi, ketika fitur ini menyala, kamu tetap bisa mendengarkan lingkungan sekitar meski buds yang kamu gunakan kedap suara. Namun, fitur ini hanya efektif menangkap suara dengan jarak 3-4 meter.

Selain itu, untuk kualitas suara, AKG benar-benar bisa memanjakan para pengguna Galaxy Buds dengan suaranya yang jernih. Untuk pengguna Samsung seri Note 8 keatas, fitur Dolby Atmos yang disematkan makin membuat experience mendengar musik dan film makin nikmat. Apalagi, kamu bisa mengatur sendiri akan lebih mengatur ke bass atau treble. Selain itu kamu juga bisa mengatus ukuran buds dan wing tip yang ada di Galaxy Buds. Sehingga, wireless bud ini bisa fit dan tidak jatuh meskipun dibuat untuk berlari.

Jaybirds Run

Harga: Rp 2,5 juta

Buat kamu yang benar-benar suka berolahraga dan tidak ingin ada kabel yang mengganggu di earphonemu, Jaybirds Run bisa menjadi solusi. Wireless Bud yang satu ini memiliki fitur water and sweat resistance. Sehingga kamu nggak perlu khawatir wireless budmu rusak meskipun kamu sangat berkeringat.

Namun, sayang audio yang dimiliki Jaybirds Run tidak senikmat Galaxy Buds maupun Airpods. Bass dari Jaybirds Run memang bagus. Namun sayang treblenya tidak terlalu bagus. Bahkan, ketika kamu mendengarkan permainan gitar yang kuat, suaranya sedikit annoying sehingga kamu harus sedikit menyesuaikan lagi mealui EQ settings.

Beats Powerbeats Pro

Harga: Rp 3,5 Juta

Beats menjadi salah satu produsen suara yang tidak bisa diremehkan lagi. Kemampuan bassnya yang nendang tanpa menghilangkan setiap detail suara menjadi salah satu keunggulan yang selalu ia tawarkan. Salah satunya di Beats Powerbeats Pro. Satu fitur yang membuat pengguna Powerbeats merasa aman dan tidak takut terlepas saat berolahraga adalah hooks yang ada di wireless budsnya. Sehingga meskipun kamu berolahraga dengan intensitas tinggi, buds ini tidak akan terlepas.

Selain itu, satu keunggulan yang sangat bagus dari Powerbeats Pro adalah battery life yang lebih lama dibandingkan yang lainnya. Jika umumnya hanya 5-6 jam, Powerbeats bisa tahan 9 jam! Cukup untuk kamu gunakan dari Surabaya ke Bandung melalui jalur darat. Tapi, kamu harus menyediakan space yang lebih besar ya. Karena charging case dari Powerbeats Pro cukup gemuk.  

Related Articles
Pop-Sci
Kenapa sih Rindu Itu Berat?

Pop-Sci
Stretching Ternyata Nggak Bikin Kamu Bebas dari Cedera!

Pop-Sci
Motion Sickness, Biang Kerok yang Bikin Perjalanan Nggak Nyaman

Meet The Creator



Afrieza Zaqi

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI