Interest

Peran Generasi Muda Dalam Pemilu 2019

Jangan Tergelitik Dengan Isu Politik

Ridho

Posted on April 10th 2019

Tepat seminggu lagi Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif akan digelar. Tapi sudah siapkah kalian wahai anak muda untuk memilih calon pemimpin Negara selama lima tahun kedepan?

Tau nggak sih kalau Indonesia sedang mengalami bonus demografi? Menurut Proyeksi Penduduk Indonesia dari Badan Pusat Statistik (BPS), mereka yang berusia 20-34 tahun akan yang disebut sebagai kelompok milenial. Kelompok usia itu punya porsi sebanyak 23,95 persen dari total penduduk Indonesia pada 2018.

Nggak hanya kaum milenial saja yang bakal ikut dalam pesta demokrasi ini. Kelompok umur 15-19 tahun atau yang biasa disebut generasi z pun juga ikut andil. Kelompok usia itu punya porsi yang cukup besar, yaitu 8,32 persen dari total penduduk Indonesia.

Dari data KPU, jumlah pemilih muda tahun ini lebih kurang 55 juta dari 185.732.093 orang. Dengan angka sebesar itu, jelas partisipasi anak muda diperlukan untuk membangun Negara ini kedepannya. Dan satu fakta menarik lainnya adalah, sebanyak 94,8 persen kaum muda optimis dengan masa depan kehidupan mereka.

Nih penting buat kalian generasi z. Wahai kaum gen z baru akan memilih tahun ini. Perlu kalian ketahui bahwa memilih calon pemimpin punya nilai yang begitu penting. Sederhananya kalo kalian menggunakan hak pilih, pasti dianggap keren karena beberapa hal.

Salah satunya suara kalian bisa menentukan arah bangsa loh. Kok bisa? Gampangnya gini, saat pemilihan ketua kelas kalian nggak mau kan punya pemimpin yang gabut dan nggak punya kontribusi. Pasti kalian akan memilih anak yang cerdas, cekatan, cakap, dan yang punya elektabilitas sebagai pemimpin.

Nah kondisi tersebut sama dengan Pilpres dan Pileg esok. Tentunya kalian pingin punya pemimpin Negeri yang terbaik. Dengan besarnya tanggung jawab, kalian pasti nggak mau punya pemimpin yang kaleng-kaleng.

Fyi nih, di tahun 2010 jadi titik balik membaiknya perekonomian nasional. Hal itu ditandai dengan berkembangnya industri ekonomi kreatif. Secara lebih spesifik bisa disebut startup. Berbagai startup muncul dan memperbaiki kondisi ekonomi negara.

Sebut saja Bukalapak, Gojek, dan masih banyak lagi. Dikutip dari Wartaekonomi, hal yang paling mencengangkan adalah bisnis ekonomi kreatif ini berkontribusi atas 50 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan dimotori oleh anak muda Indonesia. 

Pasti kalian ingin kontribusi kan buat memajukan Negara ini. Dengan memilih seorang pemimpin yang punya kapasitas tinggi. Tentu kalian juga akan terlibat secara tidak langsung dalam membangun dan memperbaiki kondisi Negara kita.

Kalau kalian masih punya pikiran bahwa “buat apa memilih kalo nggak kenal pemimpinnya”, stop mulai detik ini. Jika sang pemimpin masih belum bisa melakukan pendekatan secara maksimal, kalian bisa kok melakukan pendekatan ke calon pemimpin.

Banyak media ataupun wadah yang memuat tentang track record sang calon pemimpin. Secara nggak langsung, bisa jadi sarana untuk memilih pemimpin yang menurut kalian pantas untuk membangun bangsa Indonesia.

Selain itu, dengan menggunakan hak pilih kalian bisa punya nilai lebih dalam kedewasaan berpikir dan bersikap. Ini nih satu fase yang bikin kalian keren. Dengan analisa dari semua informasi yang didapat, kalian pasti punya cara pandang maupun alasan kuat untuk memilih calon pemimpin.

Apalagi kalo kalian paham dengan retorika yang sudah diucapkan oleh sang calon pemimpin saat kampanye. Sudah pasti kalian paham maksud dan tujuan sang calon tersebut.

Yuk, ini saatnya kita kaum muda untuk buktikan kontribusi pada Negara. Karena setiap individu pasti punya kekuatan untuk mengubah keadaan.

Kalo kata Bung Karno, “beri aku sepuluh pemuda, maka akan kuguncangkan dunia,”. Beliau aja bisa membuat gebrakan dengan 10 orang. Tentunya kita juga bisa buat gebrakan positif dengan jumlah lebih dari 55 juta orang.

Related Articles
Interest
Bandingkan Atribut Kampanye Di Jepang Dan Indonesia

Interest
Empat Kelakuan Para Voters saat Pemilu 2019 di Negara Ber-flower

Interest
Siapa Tandingan Asus Zenfone Max Pro M1?

Meet The Creator



Mainmain.id

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI