Pop-Sci

Berbahaya! Jangan Biasakan Pakai Sistem Kebut Semalam (SKS)

Hakiki Hijriawan

Posted on April 8th 2019

(Via: Istimewa)

Hurraaay!! UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) was done! Eittsss tunggu dulu jangan semringah gitu. Ingat masih ada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang bakal siap menyambut kalian loh.

Lalu buat tingkat SMP UNBK baru akan terlaksana pada 22 April mendatang. Menyusul Ujian kenaikan kelas tingkat SMA dan SMP. Nah nah, karena itu persiapan untuk menghadapi ujian harus tetap matang dan dipersiapkan jauh sebelumnya. Jangan deh tuh mengandalkan Sistem Kebut Semalam alias SKS.

Eitss tapi sebenarnya nggak sedikit juga yang merasa kalau menggunakan SKS ini lebih efektif, coba ngacung yang merasa kayak gini, hmm. Iya emang kalau kamu paginya ujian, malamnya baru belajar otak bakal meresap pelajaran. Penelitian dari Wade & Travis tentang adrenal gland pada tahun 2008 mengungkapkan bahwa hormon adrenal yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal terlibat dalam emosi dan stres. Jadi, pas kamu lagi dalam keadaan "kepepet" karena harus belajar demi ujian pagi hari, secara nggak sadar tubuh kita sedang memproduksi hormon adrenal.

Ketika hormon adrenal dilepaskan ke dalam tubuh kemudian diaktifkan oleh sistem saraf simpatik, hormon ini akan meningkatkan kadar rangsangan dan membuat kita siap bertindak. Saat itu hormon adrenal juga langsung meningkatkan ingatan. Jadi, pastinya nggak heran kalau dalam keadaan kepepet, terkadang kemampuan otak akan berlipat ganda melebihi hari-hari biasa.

(Via: Istimewa)

Tapi nyatanya, hal tersebut dapat berdampak kepada jam tidur. Begadang itu hanya mengandalkan memori jangka pendek atau short-term memory yang sifatnya sementara. Belum lagi begadang sebenarnya akan membuat otak menjadi lelah sehingga paginya kita malah tidak konsentrasi dan mengantuk. Tuhkan...

Nah, mengenai kurang tidur, pakar neuropsikologi dari Atlanta, Amerika Serikat Emily Papazoglou, dalam penelitiannya menyatakan tentang efek kognitif akibat kurang tidur karena sistem kebut semalam. “Banyak orang cenderung terlalu percaya diri dengan kemampuan mereka saat berkegiatan tanpa tidur. Padahal banyak efek buruk muncul akibat tidak tidur dari sudut pandang kognitif,” ujar Emily dikutip dari Vice Indonesia.

Lebih lanjut, Emily menambahkan bahwa efek dari nggak tidur bisa lebih buruk dari seseorang yang suka mengkonsumsi minuman alkohol, Naloh! “Efek yang paling terasa adalah kemampuan memberi perhatian. Seberapa cepat kamu bisa bereaksi dan seberapa baik kamu memproses informasi,” pungkas Emily dalam penelitiannya.

Gimana gengs, yakin masih pengin pakai sistem kebut semalam? Hmm... (*)

Related Articles
Interest
Gagal SNMPTN? Nggak Usah Khawatir, Masih Ada 3 Cara Lanjut Kuliah di PTN!

Interest
Pengumuman SNMPTN Dipercepat, Ini Dia Tanggalnya!

Interest
Inilah Empat Tips Dapat Nilai Bagus di UTBK 2019. Yuk Disimak!

Meet The Creator



Mainmain.id

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI