Interest

Medsos Jadi Arena Tempur Favorit Bagi Milenial

Karena Jempolmu Harimaumu

Ridho

Posted on March 27th 2019

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa semua individu pasti punya media sosial. Tapi sering banget mereka salah kaprah dalam menggunakan media sosialnya. Bermodalkan pengetahuan minim, warganet pun saling adu argumen dan tak jarang hingga berujung saling menghujat atau bertengkar.

Situasi ini sering terjadi di negara yang menjunjung tinggi kebebasan berbicara. Jadi salah satu faktor yang mendorong warganet lebih ekspresif dan agresif dalam menanggapi postingan warganet lain. Agresivitas berkomentar juga akan makin tinggi ditunjang warganet memilih menjadi anonimitas (anonimity).

Alhasil, warganet lain merasa terpancing untuk membalas dengan agresif. Situasi ini seperti lingkaran setan, sebab komentar balasan juga sama-sama atau bahkan lebih agresif. Ya bisa disebut mereka para pelakunya adalah troll. Yaitu orang-orang yang punya kecenderungan mampu membikin onar di suatu lingkungan.

Dalam kasus ini muncul dua kecenderungan. Pertama, agresivitas komentar warganet didorong oleh ekosistem media sosial itu sendiri. Dan komentar negatif yang ada bisa mengubah persepsi pembaca terhadap isi konten.

Sebagai contoh pada kecenderungan pertama. Jika ada individu yang baru masuk ke dunia maya, dan melihat kebiasaan warganet yang saling menghujat dan bertengkar. Maka kebiasaan tersebut dianggap wajar karena dilakukan oleh mayoritas dan secara nggak langsung memberikan ajakan untuk melakukan hal serupa.

Untuk kecenderungan yang kedua, pernah nggak sih kalian kalo melihat sebuah konten atau postingan mampir ke kolom komentar dulu. Nah komentar dari warganet ini yang bisa menentukan persepsi kalian.

Intinya, warganet lebih senang menghujat ataupun bertengkar lewat media sosial. Karena dengan itu mereka bisa bebas berbicara dan tanpa ada batasan apapun.

Artikel Terkait
Interest
Dari Content Creator sampai Operator Drone: ini 5 Profesi untuk Generasi Z

Interest
Pusing Pikirkan Jumlah 'Like', Tom Holland Hapus Aplikasi Instagram

Interest
Kampus Ini Adakan Mata Kuliah Untuk Jadi Selebgram