Current Issues

Belajar Clean Eating dengan Paleo Yuk!

Nanda Vhera

Posted on March 28th 2019

Diet paleo merupakan diet rendah karbohidrat atau biasa disebut dengan ‘Diet Gua’ karena hal ini didasarkan prinsip orang-orang jaman dulu saat mengonsumsi makanan yang mengoptimalkan kesehatannya. Diet paleo sendiri didominasi oleh daging, buah dan sayur. Buat kalian yang lagi menjalani program diet tapi hasilnya belum optimal atau buat kalian yang pengen diet cuma belum tahu diet yang cocok apa, mungkin jenis diet paleo ini bisa dicoba!


Menurut dr. Verawati Sudarma, M.gizi., Sp.gk, diet paleo mengedepankan konsumsi makanan berserat dan protein yang tinggi. Angka kecukupan karbohidrat yaitu 22-40%, protein 1 9-35%, lemak 28-47%. Diet paleo cenderung menormalkan metabolisme insulin sehingga kadar gula darah tidak mudah naik dan turun. Apabila insulin terjaga, maka akan memacu penurunan berat badan lebih mudah.

Dengan memangkas konsumsi menu yang terbuat dari gandum, produk olahan, produk susu, makanan kaleng, gula dan garam akan menurunkan risiko serangan jantung, diabetes, peradangan dalam tubuh dan meningkatkan sistem imun badan kalian.

Bila kalian berminat untuk melakukan diet paleo ini selama 7 hari pertama, Mainmain akan merekomendasikan Plan Meals yang bisa kalian konsumsi dari Senin hingga Minggu.

Senin

Sarapan : Telur rebus (2 butir) dan teh hijau tanpa gula
Makan Siang : Dada ayam tanpa kulit dan lemak (direbus atau digoreng menggunakan minyak zaitun) + tomat sebagai perasa, wortel kukus, apel (satu buah) sebagai makanan penutup.
Cemilan : Apel
Makan Malam : Salmon atau tuna yang dipanggang (bisa ditambah perasan jeruk lemon sebagai perasa) dan brokoli rebus

Selasa

Sarapan : Omelet (telur, bawang Bombay, sedikit mayo, ikan yang dihaluskan terlebih dahulu, daun parsley) digoreng menggunakan minyak zaitun dan teh hijau
Makan Siang: Salad (tomat, timun, wortel, kacang walnut dan jus lemon sebagai dressing), dada ayam yang dipanggang.
Cemilan : Kale Chips tanpa garam
Makan Malam : Ayam yang direndam dengan perasan air jeruk lalu dipanggang, sambal (tomat, cabai 3, perasan jeruk lemon lalu dihaluskan)

Rabu

Sarapan : Pancake Pisang (telur dan pisang yang dihaluskan lalu dipanggang tanpa minyak) dan air jeruk hangat
Makan Siang : Sup Ayam
Cemilan : Kacang mede yang disangrai, choco chips dan kismis (dicampur)
Makan Malam : Red curry chicken

Kamis

Sarapan : telur orak arik tanpa minyak dengan potongan tomat dan kopi hitam tanpa gula
Makan Siang : Avocado Wrap (Selada, dada ayam, tomat dan timun pickle)
Cemilan : Bayam chips (daun bayam yang direndam air kaldu lalu digoreng)
Makan Malam : Sweet soury eel (daging belut yang dilumuri kecap manis dan sedikit kecap asin atau tiram)

Jumat

Sarapan : Ubi jalar ungu rebus dan jus buah
Makan Siang : Grounded Chicken And Spinach Stuffed Mushrooms (ayam yang disajikan dengan bayam tomat, bawang, jamur, dan ditumis dengan minyak zaitun)
Cemilan : Stik wortel dan jeruk
Makan Malam : Almond crusted chicken (Ayam yang dilumuri remahan kacang almond kemudian dipanggang)

Sabtu

Sarapan : Brocolli Egg Bake (brokoli yang telah direbus dilumatkan lalu di tuangkan kocokan telur dan dipanggang) dan teh hijau Makan Siang : Creamy basil and Tomato Chicken (sebagai krimnya, menggunakan perasan santan kelapa lalu dituangkan ke atas ayam kemudian dimasak hingga matang)
Cemilan : Pisang
Makan Malam : Tuna segar yang disiram dengan saus tiram

Minggu

Sarapan : Pancake pisang, jus buah dan air lemon
Makan Siang : Sup Jamur dan brokoli rebus
Cemilan : Strawberry
Makan Malam : Steak daging, zucini dan wortel

Setelah membaca Meals Plan diatas kalian bisa mencoba untuk melakukan diet paleo selama satu minggu. Tapi untuk yang pemula, kalian bisa bebas selama 3 hari selama seminggu itu makan bebas diluar Meals Plan ini. Bila sudah bisa, kalian bisa merubah menjadi 1 kali seminggu untuk makan bebas.  Diet paleo ini sendiri juga menganjurkan untuk minum air mineral hangat sebelum tidur dengan tujuan meluruhkan lemak yang dikonsumsi pada makan malam.

Dibandingkan dengan diet keto dan diet lainnya, diet paleo tidak mengonsumsi produk olahan susu dan gula rafinasi seperti madu. Sehingga diet paleo lebih efektif menurunkan berat badan  dan mengajarkan kalian untuk clean eat yang tujuannya selain yang dijelaskan diatas juga membantu badan mendetoks racun, menurunkan tekanan gula darah dan hidup lebih sehat.

Mulai hidup sehat dengan mencoba diet paleo ini yuk!

Related Articles
Current Issues
List Buku, Podcast, dan Instagram yang Cocok Buat Antidiet

Lifestyle
Lakukan Kebiasaan Makan Ini dan Ucapkan Selamat Tinggal Pada Perut Buncit

Lifestyle
Diet Mediterania Jadi yang Terbaik di 2021, Apa Sih Kelebihannya