Interest

Ini Dia Empat Cara yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Cepat Tidur!

Afrieza Zaqi

Posted on March 23rd 2019

Setelah mengetahui hal buruk yang terjadi ketika kamu kurang tidur, kali ini kita akan membahas bagaimana caranya supaya kamu bisa cepat tidur. Berdasarkan hasil polling dari @Mainmain.event tentang susah tidur, 70% followers yang didominasi oleh pelajar Surabaya menggunakan gawai sebagai salah satu cara untuk menunggu kantuk datang. Padahal sangat berbahaya loh! Nah, biar kamu bisa cepat tidur ini dia caranya.

Jauhkan Gawai dari Tubuh

kandungan bluelight filter yang ada di gawai membuat otak tidak bisa melepas hormon melatonin yang membuat kamu cepat tidur. 

Semakin dekat dengan gawai maka kamu bakal semakin gatel buat maininnya. Nah, hal yang paling pertama adalah menjauhkan diri dari gawaimu minimal 30 menit sebelum tidur. Awalnya tentu gak enak banget. Bahkan bakalan bingung harus ngapain. Tapi, lama-lama kamu bakal terbiasa kok.

Setelah 30-50 menit tanpa menggunakan gawai, tubuh akan mulai memproduksi melatonin yang membantu kamu cepat tidur. Kalau gak percaya cobain deh!

Coba 4,7,8 Sebelum tidur

Dengan yoga pernafasan melalui trik 4,7,8 kamu akan cepat tidur.

Dr. Andrew Weil, dokter dari Amerika yang terkenal dengan penyembuhan serta perawatan kesehatan baik tubuh, pikiran, dan jiwa menuturkan bahwa trik 4,7,8 sebelum tidur dapat membantu kamu untuk cepat mengantuk.

Caranya, tarik nafasmu selama empat detik. Lalu tahan selama tujuh detik. Setelahnya, hembuskan dengan hitungan delapan detik. Lalu, lakukan proses itu selama berulang-ulang.

Tujuan dari metode pernafasan ala yoga ini adalah untuk melepaskan hormon-hormon baik di otak agar kamu merasa rileks dan santai.

Matikan Lampu untuk Mengkode Otak

Saat keadaan gelap, otak akan secara otomatis memberikan kode ke tubuh untuk segera beristirahat.

Mematikan lampu memiliki manfaat yang bagus buat kamu agar cepat tidur. Hal ini dikarenakan dengan berada di kegelapan, otak akan mendapatkan signal bahwa ia kan segera beristirahat secara otomatis. Inilah mengapa orang yang terbiasa tidur di tempat gelap akan lebih cepat tertidur dibandingkan dengan orang yang tidur di kondisi lampu menyala.

Snack Sebelum Tidur

Tak hanya mengandung low glycemic index carbohydrate, susu hangat dapat menimbulkan efek rileks yang bagus sebelum tidur.

Nah, nggak Cuma secara psikologis, tidur juga bisa dirangsang dengan snack loh. Salah satunya adalah dengan makan pisang yang berukuran kecil, oatmeal biskuit, atau susu hangat.

Hal ini dikarenakan snack ringan tersebut mengandung low glycemic index carbohydrate. Kandungan tersebut dapat memicu otak untuk memproduksi serotonin yang dapat membuat kita bahagia dan rileks.

Related Articles
Interest
Ini Dampak yang Kamu dapat Kalau Sering Kurang Tidur!

Pop-Sci
Kita Tidak Perlu Tidur 8 Jam Per Malam

Interest
Menjajal Naik MRT Jakarta, Transportasi Anti-Macet Ibu Kota

Meet The Creator



Mainmain.id

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI