Interest

Saingi Brand Luar, Sneakers Lokal ini Wajib Dilirik!

Nanda Vhera

Posted on March 19th 2019

Sneakers adalah hal yang tak lepas dari kehidupan kita, apalagi anak muda! Berbagai jenis sneakers muncul hadir membanjiri pasar sepatu Indonesia. Tapi mendominasi pasar ialah sneakers buatan luar negeri. Kalian tahu nggak sih saat ini sudah banyak sneakers buatan lokal yang tak kalah hype-nya dibandingkan merek luar. Brand sepatu mana saja sih itu? Intip yuk!

NAH Project

NAH merupakan merek sneakers lokal asal Bandung yang menjadi favorit orang nomor satu di Indonesia, presiden Joko Widodo. Kesuksesan NAH Project diawali dari sebuah merek yang hanya menyediakan produk berupa pakaian saja. Seiring dengan berjalannya waktu, The NAH team berinovasi untuk membuat sneakers yang dapat bersaing.


Kurang dari setahun, nama NAH menjadi populer. Terutama saat sneakers buatannya dipakai oleh presiden Jokowi pada festival musik We The Fest 2018. Jokowi menggunakan Yoga FlexKnit v2.0 buatan NAH dan menobatkan sepatunya sebagai sneakers favorit. Untuk harga sendiri NAH dibanderol dari Rp.280.000 hingga Rp. 415.000.

Wakai

Siapa sangka Wakai adalah merek sneakers lokal dari Indonesia? Desain yang unik dan kualitas yang baik, banyak membuat orang mengira bahwa Wakai buatan Jepang. Padahal sebenarnya Wakai mengadaptasi lifestyle di Jepang dan membuat sepatu di Indonesia. Oleh sebab itu slogannya ‘Made of Japan’ bukan ‘Made in Japan’.

Produk wakai dikenal sebagai sepatu slip on yang mudah digunakan juga ringan, tak heran banyak yang menggunakannya. Kalian bisa membeli Wakai di Wakai Store yang ada di Mall atau secara online melalui Zalora dan Metrox Online. Harganya pun berkisar Rp. 459.000 hingga Rp. 729.000.

Compass

Menjadi pelopor merek sepatu dengan sistem perakitan 100% vulcanized di Indonesia. Merek sneakers yang sudah ada sejak 1998 ini kembali populer belakangan ini dengan siluet model terbarunya, Gazelle.

Sepatu Compass Gazelle didesain oleh Aji Handoko Purbo. Kualitas sepatu Compass tidak main-main. Upper yang digunakan terbuat dari kanvas dengan stitching yang sangat rapi. Bagian sol memiliki tingkat ketahanan yang cukup baik, insole pun diperhatikan dengan menyematkan motif branding Compass. Sepatu ini sendiri dibanderol dengan harga Rp. 158.000 sampai Rp.248.000.

DBL x Ardiles


Sejak tahun 2017 DBL Indonesia telah bekerjasama dengan Ardiles untuk melahirkan sepatu basket lokal yang 'ramah' untuk anak sekolah. Sepatu AZA 5 jadi kolaborasi pertama DBL x Ardiles. Hingga kini DBL x Ardiles telah melahirkan AZA 5, Pride, Fundamental, AZA 6, dan Pride 2 yang dibanderol dari harga Rp. 319.800 hingga Rp. 428.000.

Word Division

Merek sneakers lokal yang sempat jadi fenomena karena desainnya. Terinspirasi dari Vans dan logo petir dari Revenge x Storm milik seorang stylist kontroversial di New York, Ian Connor. Brand asal bandung ini lantas viral karena mengusung konsep antara Vans dan Revenge x Storm. Bahkan Word Division sempat menerima sindirian pedas dari Ian Connor karena dugaan menjiplak desain.

Faktanya, Word Division menggunakan logo petir sejak 2015 sedangkan Revenge x Storm 2017. Sepatu ini sendiri dihargai Rp.300.000 setiap pasangnya.

Saint Barkley

Satu lagi sneakers asal Bandung yang meramaikan pasar sepatu lokal Indonesia. Nama Saint Barkley tiba-tiba naik daun karena salah satu produknya dibeli oleh Presiden Joko Widodo di acara Jakarata Sneakers Day. Brand yang memulai debutnya pada 2012 ini awalnya fokus pada streetwear namun pada akhirnya merambah ke sneakers. Sepatu yang dikeluarkan pun adalah sepatu sneakers yang bisa digunakan sehari-hari.

Untuk bisa diterima pasar, Sant Barkley menerapkan double quality control, sehingga dapat bersaing dengan brand luar. Ami Muhammad selaku founder Saint Barkley mengatakan bahwa Saint Barkley tetap fokus pada sneakers untuk saat ini. Harga sepatu Saint Barkley ini sendiri mulai dari Rp.351.000 hingga Rp.540.000.

Tertarik mencoba? Kalian bisa langsung memesannya ya! Jangan cuma bangga memakai produk sepatu buatan luar, padahal di dalam negeri banyak juga yang bisa dibanggakan #LocalPride.

Related Articles
Interest
Kolaborasi Dengan Sandy Liang, Vans Tawarkan Nostalgia 90'an

Interest
Pilihan Sneakers untuk Perempuan dari Local Brand, Mana Favoritmu?

Interest
Jangan Ngaku Sneakerhead Kalau Belum Kenal Brand-brand Lokal Underrated ini!