Sport

Punya Fasilitas Internasional, Yuk Intip Stadion BMW Milik DKI Jakarta!

Hakiki Hijriawan

Posted on March 18th 2019

Ilustrasi Stadion BMW Jakarta. (Via: Alinea.id)

Yeaay! Harapan warga Jakarta punya stadion akhirnya terwujud. Setelah sekian lama, akhirnya Jakarta punya stadion sepak bola sendiri. Lebih dari 1 dekade, Jakarta nggak punya stadion resmi. Jauh sebelumnya Stadion Menteng disulap menjadi Taman Menteng pada tahun 2006. Disusul Stadion Lebak Bulus yang dialih fungsikan untuk stasiun besar MRT pada 2014 silam.

Pada Kamis (14/3) lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi melakukan ground breaking untuk stadion ini. Dengan nama Bersih Manusiawi Wibawa (BMW), stadion ini bisa menampung 80.000 hingga 82.000 penonton loh.  Stadion BMW sendiri bakal menjadi home base salah satu tim besar ibu kota, Persija Jakarta. Jika sesuai rencana, stadion ini akan selesai di tahun 2021.

Stadion BMW sendiri akan dibangun di daerah komplek Sarana Olah Raga (SOR) Tanjung Priok, Jakarta Utara. Nggak tanggung-tanggung, si BMW akan memiliki fasiitas sekelas stadion internasional lainnya macam di Eropa, wuiihhh keren kan.

Salah satu fitur kecanggihan stadion ini adalah atap dari stadion bisa difungsikan untuk tutup dan buka, wah berasa di stadionnya Ajax Amsterdam nih. Nggak cuma itu, atap stadion BMW juga bisa digunakan sebagai jogging track loh, wowww mantap. Lebih lanjut, nantinya juga akan ada fasilitas bungee jumping dari atap ke dasar stadion setinggi 60 meter, cihuy!

Dikutip dari Tribun Jakarta, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo, Dwi Wahyu Daryoto menyatakan hal ini merupakan salah satu upaya, biar masyarakat bisa berolahraga dengan fasilitas internasional. “Desain khusus bangunan ini nanti akan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas rekreasi atraksi yang bisa berlangsung setiap hari. Atapnya pun bisa digunakan untuk berolahraga,” ujarnya saat ground breaking.

Nah karena dibangun di komplek olahraga, nantinya di daerah sekitar stadion juga aka dibangun sarana penunjang olahraga lainnya. Misalnya, olahraga air, voli, dan sarana rekreasi lainnya. Selain itu moda tranportasi seperti MRT Jakarta, Commuter Line, dan Transjakarta akan terintegrasi ke stadion ini juga loh. Wah jadi nggak sabar nih nunggu si BMW nih, hihi. (*)

Related Articles
Sport
Tribute to Liliyana, Legenda Bulu Tangkis Indonesia

Sport
Mengintip Cabang Olahraga eSport di Asian Games 2018

Sport
Gallery Foto Indonesia Masters 2019

Meet The Creator



Afrieza Zaqi

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI