Current Issues

Cara Menolong Orang yang Ingin Bunuh Diri

Fidya Citra

Posted on March 13th 2019

Baru-baru ini kita dikejutkan dengan hadirnya beberapa peristiwa bunuh diri di tempat umum. Seorang pemuda loncat dari atap sebuah tempat perbelanjaan di Lampung, juga ada yang loncat dari lantai tiga sebuah Mall di Jakarta Selatan. Bunuh diri di tengah keramaian ini cukup menyita perhatian. Nggak hanya bisa menimbulkan trauma bagi para saksi mata, hal tersebut bisa jadi semacam ‘tes’. Bagaimana sebaiknya kita bereaksi ketika di depan mata kita ada orang yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya?

Bunuh Diri Tidak Sesederhana Itu

Pertama yang harus kita sadari adalah bunuh diri tidak sesederhana itu. Menurut Ghazali Fauzia, koordinator informasi di ILMPI (Ikatan Mahasiswa Psikologi Indonesia) bunuh diri sejatinya tidak akan terjadi karena faktor tunggal, ada beberapa faktor yang bisa memicu hingga akhirnya seseorang memutuskan untuk bunuh diri.

Bunuh Diri Nggak Menular

Selanjutnya, terkait tren bunuh diri di tempat umum Ghazali merasa hal ini tidak akan menjadi pemicu bagi orang lain untuk melakukan bunuh diri. Jadi jauhkan pikiranmu dari tuduhan bahwa mereka membawa virus "bunuh diri". 

Mereka Sedang Ingin Didengar

Kamu harus sadar bahwa orang yang memutuskan untuk bunuh diri di tempat umum sedang ingin menyampaikan sesuatu. “Nah kalau soal tempat bunuh dirinya, kejadian di tempat umum kemungkinan si pelaku memang memiliki keinginan untuk diketahui oleh publik, misalnya krn dia selama ini mengalami penolakan, jadi ia ingin menunjukkan sikap atas penolakan tersebut,” ujar Ghalia. Mereka sedang ingin di dengar. 

Jadi, kalau kamu harus menyaksikan ada orang di depanmu ingin melakukan bunuh diri apa yang sebenarnya bisa kamu lakukan?

1. Tidak Menjadikannya Konten

Jangan sampai ketika pertama kali melihat orang mau bunuh diri yang kamu lakukan malah ngambil smartphone untuk mendokumentasikan kejadian tersebut. Ingat, mereka bukan sumber konten Instagram kalian. 

2. Mendengarkannya

"Gimana caranya mendukung orang asing yang aku nggak kenal sama sekali?”

Mendukung itu nggak selalu tentang memberikan pesan moral secara mendalam, namun juga bisa dengan tidak mengatakan hal-hal yang membuat mereka tertekan juga dengan mendengarkan mereka. Jangan sampai ketika ada yang mau bunuh diri kamu justru bilang “Udah loncat aja kalau berani”. Cukup bilang ke dia “Semua masalah pasti ada jalan keluarnya”.

3. Gagalkan Usahanya

Yang paling terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menarik dia dan mengagalkan usahanya untuk bunuh diri. Jika setelah kamu ajak bicara ia tetap tidak mau mendengarkan. That's the least you can do. 

Related Articles
Current Issues
Bunuh Diri Karena Serial "13 Reasons Why"

Entertainment
Amber Liu f(x) Angkat Bicara tentang Tragedi Sulli dan Sisi Gelap Industri K-Pop

Current Issues
Mengapa Media Sosial Bikin Kita Kecanduan?