Entertainment

4 Film Romantis Indonesia Selain Dilan Yang Bisa Buat Kamu Baper

Nizar Fahmi

Posted on March 4th 2019

Demam Dilan sepertinya masih berlanjut. Setelah sukses menjadi film romantis yang paling diminati tahun 2018 lalu, kali ini sequelnya, Dilan 1991, sepertinya kembali mendapatkan tempat di hati para penggemarnya. Terbukti, hingga artikel ini ditulis, film yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq tersebut sudah ditonton hampir satu juta orang lho, wow!

Tapi, selain kisah asmara Dilan-Milea, ada juga kisah-kisah pasangan lainnya yang bisa buat kamu baper. Kalau belum nonton, coba simakin film romantis mereka dulu deh. Kita kasi daftarnya di bawah ini ya gengs!

Ada Apa Dengan Cinta (2002)

Jadul sih, tapi yakin masih belum penasaran sama film ini? Kisah Rangga-Cinta menjadi salah satu kisah paling romantis sepanjang sejarah perfilman Indonesia. Film yang dibintang Nicholas Saputra (Rangga) dan Dian Sastrowardoyo (Cinta) ini dulunya juga menjadi tanda awal bangkitnya film Indonesia gengs.

Cerita Ada Apa Dengan Cinta (AADC) berpusat pada rasa kagum Cinta pada Rangga sewaktu zaman SMA. Cinta yang waktu itu masa bodoh sama urusan hati tiba-tiba terpanah asmaranya Rangga, seorang siswa cuek, tapi cool gitu lah cuy. Malu-malu tapi mau, keduanya akhirnya menjalin hubungan. Pas lagi sayang-sayangnya, Rangga malah mutusin buat lanjut studi di luar negeri. Nah puncaknya waktu lagi di bandara, baper puooool pas Cinta berat hati buat ngelepas Rangga dan masuk dalam mode: LDR. 

AADC juga punya ikoniknya tersendiri lho. Kalau Dilan dikenal dengan kata-kata gombalnya, nah AADC dikenal dengan puisi gombalnya. “Pecahkan saja gelasnya biar ramai…”, padahal kalau gelas pecah, kan diberesin yak, bukan dibuat ramai, hehe. Oh ya, film ini juga punya sequel yang berjudul Ada Apa Dengan Cinta 2 (2016). Nggak kalah ngebaperin sama film pertamanya, serius!

Heart (2006)

Film yang sejuta kali biasanya diputar di layar TV waktu hari libur, Heart, karya sutradara Hanny R. Saputra menjadi film romantis berikutnya yang wajib banget kamu tonton. Kalau di film romantis lainnya kamu dibuat nyesek sama kisah cinta dua insan manusia, beda sama film ini. Cinta segitiga yang berakhir air mata, pas!

Heart bercerita tentang hubungan persahabatan Nirina Zubir (Rachel), Acha Septriasa (Luna), dan Farrel (Irwansyah) yang berubah menjadi rasa saling suka. Rachel diam-diam suka Farrel, tapi Farrel malah diam-diam mengagumi Luna. Klasik sih, pasti pemikiran awalmu bakal kaya gitu. Tapi berbagai kisah manis dan menggelitik hati sukses diselipkan dalam film yang berdurasi 125 menit itu cuy.

Pas mau nonton, jangan lupa siapin tisu ya gengs. Dalam film ini kamu benar-benar bakal diajarkan arti pengorbanan yang sesungguhnya untuk orang yang kamu cintai. Yup, pengorbanan Rachel untuk buat Farrel bahagia sama Luna. Rachel rela mendonorkan organ hatinya kepada Luna yang mengidap penyakit keras. Air mata kamu bakal keluar dengan sendirinya waktu tau kalau Farrel nyesal karena udah nggak ‘peka’ sama Rachel, huhu.

Habibie & Ainun (2012)

Kalau film yang satu ini bakal ngajarin kamu buat setia sama pasangan kamu! Kisah cinta antara Presiden Ketiga Indonesia, Bapak B.J. Habibie dan istrinya, Ibu Ainun juga bakal buat kamu baper selama nonton. Film yang disutradarai Faozan Rizal ini digarap dengan sangat maksimal, sampai-sampai Reza Rahardian yang memerankan Pak Habibie nih dibilang mirip banget sama tokoh aslinya.

Film Habibie & Ainun menceritakan tentang kisah manisnya kisah Pak Habibie dan Ibu Ainun selama masa mudanya. Cerita mereka yang setia satu sama lain, saling support, dan nggak kenal kata ngeluh bakal nyadarin kita kalau hidup itu nggak cuma tentang gengsi, tapi juga perjuangan. Apalagi waktu mereka berdua pindah ke Jerman dan mulai hidup dari nol, itu nyentuh banget sih.

Tingkat kebaperan bakal jadi maksimal waktu Ibu Ainun didiagnosa sakit kritis. Jalan cerita bukan malah melempem, tapi malah makin menemukan kompleksnya. Pesan moral untuk tetap ada di sisi pasangan dalam keadaan apapun seolah diajarkan melalui film ini, it is too recommended to watch. Anw, di sini aktinya Bunga Citra Lestari yang meranin Almh. Ibu Ainun juga apik banget!

Dear Nathan (2017)

Beralih ke kisah antara Nathan-Salma. Dua sejoli yang membangun cerita cinta seperti Dilan-Milea saat masih duduk di bangku SMA. Film ini pun mengangkat kisah antara seorang remaja wanita yang nggak sengaja suka sama ‘anak liar’, mirip seperti Milea kepada Dilan.

Cuma, Salma (Amanda Rawles) dalam Dear Nathan nggak melulu ‘mau-terus’ sama si Nathan (Jefri Nichol). Semenjak doi tau latar belakang sebenarnya si Nathan, Salma berusaha buat ngejauhin cowok yang pernah nyelamatin dirinya itu waktu jadi anak baru saat telat datang upacara bendera. Lebih tepatnya kayak hati-hati dalam memilih teman gitu lah.

Nah letak bumbu manisnya dimulai sewaktu Nathan tau bahwa Salma berusaha menghindar dari dia. Nathan yang dikenal sebagai siswa bandel dan hobi berantem mendadak berusaha jadi cowok yang nggak neko-neko lagi. Semua cuma buat nunjukin kalau Nathan benar-benar mau dapetin cintanya Salma dengan tulus. Tapi, sewaktu Nathan lagi berjuang dapetin Salma, eh taunya malah ada cewek dari masa lalu doi datang lagi, yaitu Seli. Siapa yang dipilih ya sama si Nathan?

Itu dia sederet film Indonesia bergenre romance yang bisa kamu tonton sambilan nungguin kursi bioskop Dilan 1991 nggak penuh lagi gengs. Apapun filmnya, masing-masing cerita itu pasti punya pesan tersendiri buat para penontonnya. Bagi kamu yang udah punya pasangan nih, makin dijaga ya merekanya. Yang belum, hmmm, kudu sabar, jodoh pasti datang kok, haha!

Related Articles
Entertainment
Cole Sprouse Bakal Main Film Bareng Lana Condor di 'Moonshot'

Entertainment
Trailer ‘Moonshot’: Cole Sprouse dan Lana Condor Jatuh Cinta Di Mars

Entertainment
Sinopsis 'Milea: Suara dari Dilan', Memandang Milea lewat Sudut Pandang Dilan