Interest

Bisa Diikuti Dua Kali, Ini Fakta-fakta SBMPTN 2019 Yang Kamu Wajib Tahu!

Yang ngerasa kelas 12, masuk~

Fidya Citra

Posted on February 25th 2019

Kalian tahu nggak sih, kalau mulai tahun 2019 persyaratan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2019 berubah.

Kalau tahun-tahun sebelumnya, SBMPTN adalah ujian yang diselenggarakan untuk menyaring masuk Perguruan Tinggi Negeri. Nah, sekarang SBMPTN hanya menjadi proses seleksinya saja, sementara nilai yang digunakan adalah nilai UTBK.

UTBK adalah ujian berbasis komputer yang dilaksanakan beberapa kali dalam setahun, yang nilainya bisa digunakan untuk seleksi masuk Perguruan Tinggi.

Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun ini akan dibuka mulai 1 Maret 2019 besok. Pendaftarannya sendiri akan dilaksanakan dalam 2 gelombang yakni gelombang pertama tanggal 01 – 24 Maret 2019, dan gelombang kedua tanggal 25 Maret – 01 April 2019. Biar nggak bingung simak yuk fakta-fakta lainnya tentang penyelenggaraan UTBK tahun ini~

Selain untuk SBMPTN, nilai UTBK juga bisa digunakan untuk seleksi mandiri Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Setiap tahunnya beberapa PTN dan PTS membuka jalur seleksi mandiri, dan dengan UTBK kamu nggak perlu tes-tes lagi. Setiap ingin mengikuti saringan mandiri Universitas tinggal menggunakan nilai UTBK aja.

Bagi kamu yang sudah lulus sejak tahun 2017 kamu masih bisa mengikuti UTBK, lho. Nggak hanya untuk siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2019 atau peserta didik Paket C tahun 2019 aja. Namun, lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2017 dan 2018 atau lulusan Paket C tahun 2017 dan 2018 juga bisa~

UTBK akan diadakan pada hari Sabtu dan Minggu sebanyak 10 kali di setiap gelombangnya. Jangan lupa sebelum tes kamu harus mendaftar di situs https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id dan membayar 200ribu rupiah, ya. 

Kamu bisa mengikuti UTBK maksimal dua kali. Kedua tes bisa dilakukan lewat dua gelombang yang berbeda yakni pada gelombang pertama dan kedua. Waktu pelaksanaan tes untuk peserta pendaftar gelombang pertama tahun ini ialah 13 April hingga 4 Mei 2019. Sementara gelombang kedua tanggal 11 Mei sampai 26 Mei 2019.

Nanti hasil nilai yang dipilih adalah nilai tertinggi di antara 2 nilai UTBK kamu. Misalnya, di tes pertama kamu mendapatkan nilai 82 lalu di tes kedua kamu mendapatkan nilai 86 maka nilai tes kedua kamulah yang akan diambil untuk mendaftar Universitas. 

Gimana, udah nggak bingung lagi kan sama pengadaan SBMPTN tahun ini yang dipermudah dengan adanya UTBK? 

Artikel Terkait
Interest
Gagal SNMPTN? Nggak Usah Khawatir, Masih Ada 3 Cara Lanjut Kuliah di PTN!

Interest
Ini Loh Daftar 10 Kampus Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Interest
Inilah Empat Tips Dapat Nilai Bagus di UTBK 2019. Yuk Disimak!